Winglet Dilarang, Bos Ducati Tuduh Yamaha dan Honda Munafik!  

Buntut keputusan Grand Prix Commission melarang pemakaian winglet mulai musim depan membuat bos Ducati berang. Luigi “Gigi” Dall’Igna mengatakan keputusan itu tidak adil dan sangat merugikan Ducati. Selain itu, Ia juga kecewa dengan pabrikan lain yang berwajah dua. 
Keputusan pelarangan winglet tersebut dikeluarkan, Sabtu (25/6) setelah menerima banyak masukan soal potensi bahaya winglet dari banyak pembalap. Anehnya, para pembalap yang mengeluh soal winglet ternyata pada prakteknya juga menggunakan aerodynamic wing ini. 

Pantas saja Ducati berang, sebab inovasi yang dimulai pihaknya awal 2015 lalu telah banyak membantu menstabilkan motor saat di tikungan. Inovasi yang awalnya dicibir itu justru telah ditiru pabrikan lain seperti Yamaha, Honda hingga Aprilia dan Suzuki. Yup, semua tim sudah meniru jejak Ducati dengan mengaplikasikan sayap lele itu. Namun, walau semua telah menggunakan winglet ternyata para pembalap masih suka mengeluhkan soal bahaya winglet ini. Mengeluh tapi memakainya malah protes. Aneh bukan? Kata anak jaman sekarang MUNA lo! Hal itulah yang membuat Ducati marah besar.

Masuk akal sih Ducati sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Andaikan winglet hanya digunakan mereka, pabrikan lain ogah menirunya, kemudian mereka protes, maka kekeceeaan Ducati tentu saja tidak sebesar ini. 

Dall’Igna mengaku bingung dengan sikap munafik tim-tim lain.
“Saya tak suka larangan (winglet) ini. Keluhan atas nama keselamatan tidak masuk akal. Toh pabrikan Jepang mengikuyi terobosan kami, namun kini mereka malah mundur. Begitu membingungkan,” ujar Dall’Igna saat sebelum race MotoGP Assen 2016, Sabtu (25/6).

Ducati memang habis-habisan berinovasi soal winglet ini. Studi yang mereka lakukan disebut sudah sangat komprehensif, bahkan hingga sisi safety yang menurut klaim mereka winglet it’s safe alias aman. Ducati justru mengatakan dengan winglet pembalap jadi lebih aman karena berhubungan dengan wheelie. 

“Jika ingin bicara soal potensi bahaya, jangan bicara winglet, tapi bicarakan motor yang wheelie saat akselerasi. Kami yakin bahwa motor yang tetap menapak di aspal tanpa kehilangan traksi justru mengurangi tingkat bahaya dan membuat motor lebih aman. Dengan kata lain winglet yang membantu bagian depan motor lebih menapak ke aspal membuat potensi bahaya wheelie jauh berkurang,” tutup mantan manajer Ducati WSBK itu. 

Advertisements

Comments are closed.