Tim Satelit Suzuki, LCR Atau Avintia? 

ktm indonesia

Salah satu kabar menarik untuk diikuti di ajang balap MotoGP musim ini selain perpindahan pembalap adalah soal kemungkinan akan adanya tim satelit Suzuki musim 2017. Bukan tim baru, melainkan tim satelit lawas yang berpindah haluan untuk pasokan motornya. Dia adalah LCR Honda.

Dikabarkan bahwa selain tengah negosiasi perpanjangan kerjasama dengan pemasok motor saat ini, Honda, bos tim LCR juga sedang bernegosiasi dengan Suzuki untuk menjajaki kemungkinan beralih dari RC213V menjadi GSX-RR.

Bos tim yang bermarkas di Monaco tersebut, Lucio Cecchinelo memang terus membantah hal itu, namun laman motorsport mengendus bahwa Cecchinelo tengah bernegosiasi dengan Suzuki.

Pembalap LCR current, Cal Crutchlow selain menegaskan bertahan di LCR namun juga belum bisa memastikan motor apa yang akan digebernya musim depan. Cal berharap LCR akan tetap di Honda untuk dua musim mendatang, namun juga mengaku sangat cocok dengan gaya Suzuki.

Dari pihak Suzuki sendiri melalui Davide Brivio sebelumnya sempat berujar bahwa menurunkan tim satelit di MotoGP sangatlah rumit. Selain itu, pihaknya juga mengaku itu bukanlah prioritas mereka untuk menurunkan tim satelit.

Namun, artikel terbaru dari speedweek yang diangkat oleh tmcblog menyebutkan bahwa mulai musim 2018 nanti, setiap tim pabrikan ‘diwajibkan’ oleh Dorna untuk punya 1 tim satelit. Rumornya, LCR akan dilepas Honda dan justru akan menjadi tim satelit Aprilia. Sedangkan Suzuki justru akan mendapat limpahan tim satelit Ducati saat ini, Avintia Racing.

Pemerataan tim pabrikan dan satelit di musim 2018 memang dikehendaki Dorna. Jadi, di musim 2018 nanti akan ada total 12 tim yang akan berlaga di lintasan MotoGP. Masing-masing 1 tim pabrikan dan 1 tim satelit. 

Seperti apa kemungkinan formasinya, simak prediksi berikut:

Yamaha

  1. Movistar Yamaha
  2. Tech 3 Yamaha

Honda

  1. Repsol Honda
  2. Marc VDS 0.0 Honda

Ducati

  1. Ducati Corse
  2. Pramac Ducati

Suzuki

  1. Suzuki Ecstar
  2. Avintia Suzuki

Aprilia

  1. Aprilia Racing
  2. LCR Aprilia

KTM

  1. KTM Racing
  2. Aspar KTM

Jika prediksi di atas benar adanya, maka MotoGP 2018 akan makin menarik. Duel tim-tim pabrikan akan diwarnai juga pertarungan gengsi tim satelit mana yang terbaik. Hingga musim ini, tim satelit Yamaha masih menjadi yang paling konsisten bertarung di papan tengah ke atas. Tech 3 memang seperti tim satelit satengah pabrikan dengan motor bagus dan pembalap berkualitas tinggi. Dengan pemerataan tim satelit, maka input data dari tim satelit untuk pengembangan motor tim pabrikan akan seragam dan berimbang tinggal bagaimana kru dan teknisi mengolah dan meramu menjadi motor juara. Semoga makin seru! 

Advertisements

Comments are closed.