Lewis Hamilton Menangi Duel Dengan Nico Rosberg Untuk Juarai GP Austria 2016, Manor Racing Raih Poin Perdana! 

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Formula One Austria di sirkuit Red Bull Ring, Minggu (3/7). Hamilton sukses mengungguli Max Verstappen dan Kimi Raikkonen yang finish di belakangnya.

Start dari pole, Hamilton memimpin balapan hingga lap 20 sebelum akhirnya masuk pit pertama dan keluar di posisi keempat. Sejak lap 26, pimpinan lomba diambil alih Nico Rosberg dan nyaris hingga jrlang finish posisi ini bertahan. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen sempat memimpin balapan di lap 56 hingga 60 sebelum akhirnya kembali ke posisi ketiga usai masuk pit stop keduanya. 

Pertarungan sengit terjadi antara Rosberg dan Hamilton. Sejak lap 26, keduanya sudah berada di posisi 1-2 meninggalkan para pembalap lainnya. Puncak pertarungan keduanya terjadi di last lap. Hamilton yang tertinggal 0,4 detik di belakang Rosberg melakukan serangan di tikungan terakhir dan berhasil. 

Sayang, pergerakan ilegal Rosberg untuk menutul ruang gerak Hamilton dalam duel tersebut menghasilkan konsekuensi sanksi bagi pembalap Jerman itu. Rosberg akhirnya mendapat hukuman penalty 10 detik dan 2 poin penalti. Alhasil, di posisi akhir balapan Rosberg tergusur ke posisi keempat. Hasil yang mengecewakan setelah hampir lebih dari separuh balapan dipimpinnya. 

Penalti Rosberg berkah bagi Verstappen dan Raikkonen yang akhirnya naik 1 peringkat dan berhasil podium kedua dan ketiga.

Sementara itu, pembalap Indonesia Rio Haryanto kembali berhasil menyelesaikan balapan yang berlangsung 71 lap itu. Rio yang start dari posisi 21 berhasil finish diposisi16 atau naik 5 strip. Sebuah hasil yang lumayan, tinggal meningkatkan performa untuk bertarung di zana top 10 atau zona poin. 

Jika Rio finish ke-16, maka sukacita menyelimuti rekan setimnya di Manor Racing. Pascal Wehrlein yang start dari posisi 12 sukses finish ke-10 alias berhasil meraup poin pertamanya di Formula One. Wehrlein memberikan Manor poin perdana musim ini. Hasil ini harus menjadi penyemangat besar bagi Rio untuk meraih hasil lebih baik lagi. 
Di klasemen, posisi Nico Rosberg masih di puncak, namun makin dipepet oleh Hamilton. Rosberg saat ini telah mengumpulkan 153 poin hanya unggul 11 poin dari Hamilton di posisi kedua. Di belakang keduanya ada duo Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang sama-sama meraih 96 poin. Duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen di posisi 5 dan 6 dengan 88 dan 72 poin. 

Advertisements

Comments are closed.