GP Silverstone 2016: Hamilton Juara, Rosberg Kedua, Rio Akhiri Balapan Di Gravel! 

Race Grand Prix Formula One British di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7) berlangsung dalam kondisi hujan. Trek menjadi basah, sebuah kondisi tidak ideal untuk menggeber jet darat dengan optimal. Alhasil, start yang dipimpin Lewis Hamilton sebagai pole harus dimulai dengan cara flying start alias start dari kondisi mobil bergerak dipandu safety car. Bagaimana hasilnya?

Flying Start dipandu Safety Car

Lewis Hamilton yang sejak sesi Jumat selalu mendominasi melanjutkan kedigdayaannya untuk menjuarai GP Silverstone 2016. Kondisi trek yang basah dan di beberapa titik sempat kering tidak menghalangi Hamilton untuk unggul dari pembalap-pembalap lainnya termasuk sang rival sekaligus rekan setimnya di Mercedes, Nico Rosberg. 
Balapan berlangsung menarik, sebab cukup banyak pembalap yang harus mengalami spin atau melintir di lintasan yang basah. Beberapa bisa kembali melanjutkan lomba, tak sedikit pula yang harus mengakhirinya lebih cepat. 

Pertarungan seru tersaji di perebutan posisi kedua. Nico Rosberg berjuang habis-habisan mempertahankan posisinya dari pembalap muda Red Bull Max Verstappen. Sempat tergusur, Rosberg akhirnya di 10 lap terakhir bisa kembali menyusul Verstappen. Rosberg sebenarnya punya kesempatan mendekati Hamilton usai menyalip Verstappen. Gap keduanya mengecil hingga 5 detik. Namun, 3 lap jelang finish gearbox Mercedesnya bermasalah. Praktis, dalam 3 lap terakhir Rosberg tidak bisa memacu mobilnya dengan optimal dan memilih mempertahankan posisinya dari gempuran Verstappen yang setia menguntit. 

Hingga garis finish, Hamilton tetap terdepan diikuti Rosberg dan Verstappen. Daniel Ricciardo, Kimi Raikkonen, Sergio Perez, Nico Hulkenberg, Carlos Sains, Sebastian Vettel dan Felippe Massa berturut-turut menempati zona poin 10 besar. 

Rio Haryanto akhiri lomba di gravel

Sementara itu, Rio Haryanto juga tidak mampu menaklukkan Silverstone. Mobil MRT Mercedes yang dikendarainya mengalami spin off dan tergelincir ke gravel. Beberapa titik di lintasan yang mengering ternyata membuat ban mobilnya tidak punya cukup grip untuk mencengkram. Alhasil, Rio mengikuti jejak rekan setimnya, Pascal Wehrlein, yang sudah sejak lap 10 mengakhiri lomba lebih awal. Manor Racing kembali ke bumi usai berpesta atas raihan poin perdana di Austria sebelumnya. 

Hasil lengkap GP Silverstone 2016

Update: 

Nico Rosberg mendapat penalti 10 detik akibat transmisi komunikasi radio yang tidak sah. Dengan penalti ini posisi Rosberg tergusur ke peringkat 3, Max Verstappen naik ke runner up. 

Advertisements

Comments are closed.