Inilah Detil Komunikasi Ilegal Rosberg dan Tim Di GP Silverstone 2016 Yang Berbuntut Penalti 10 Detik!

Komunikasi Ilegal Rosberg dan Tim Berbuah Sanksi

Nasib kurang beruntung menimpa Nico Rosberg di GP Silverstone Minggu (10/7) kemarin. Rosberg harus turun ke posisi ketiga usai mendapat sanksi penalti 10 detik dari steward. Sanksi diberikan setelah Rosberg dan tim melanggar aturan komunikasi.

Tiga lap jelang finish, Rosberg memberitahukan kepada tim bahwa mobilnya makin melambat. Kemudian, tim menginstruksikan untuk melakukan reset dan set ulang melalui setirnya. Sampai di sini, komunikasi yang dilakukan masih legal alias diperbolehkan.

Kemudian, komunikasi selanjutnya yang justru bermasalah. Tim memberikan instruksi kepada Rosberg untuk menghindari penggunaan gigi ketujuh. Tony Ross, selaku insinyur Mercedes, memberitahu Rosberg bahwa Ia mengalami masalah gearbox.

Driver default 1-0-1, chassis default 0-1, chassis default 0-1. Hindari gigi ketujuh, Nico, hindari gigi ketujuh”

Steward memandang komunikasi ini ilegal sebab tim memberikan instruksi teknis (hindari gigi ketujuh) yang melanggar pasal 27.1 dari Sport Regulations yang menyatakan bahwa pembalap harus menyetir sendiri tanpa bantuan luar.

Alhasil, Rosberg akhirnya harus kena penalti 10 detik dan membuat posisi akhir balapannya tergusur ke peringkat 3 di belakang Max Verstappen yang otomatis naik ke posisi runner up. Akhirnya, finish ketiga membuat raihan poin Rosberg di klasemen hanya bertambah 15 poin dengan total 168 poin. Masih memimpin klasemen namun hanya unggul 1 poin dari Hamilton.

Pertarungan perebutan gelar juara dunia F1 musim ini sepertinya memang hanya akan melibatkan Hamilton dan Rosberg. Konsistensi Rosberg di seri-seri awal sedikit menurun memasuki pertengahan musim, sebaliknya, Hamilton yang terpuruk di awal musim makin trengginas saat ini. Anda dukung siapa?

Advertisements

Comments are closed.