Pasca Recall R25 & MT25, Pabrikan Lain Harus Berterima Kasih Pada Yamaha

ktm indonesia

Mengapa? Sesuai judul artikel di atas. Mengapa pabrikan lain harus berterima kasih, apakah mereka jadi punya celah untuk menyerang Yamaha sehingga berterima kasih? Atau para fansboy mereka bisa nyerang habis-habisan para ngepbeye? Yuk kita lanjutkan!

Beberapa waktu lalu Yamaha Jepang mengeluarkan ‘instruksi’ untuk melakukan racall terhadap produk sport 250 dan 300 ccnya. Yamaha Indonesia kebagian ‘jatah’ melakukan recall untuk R25 dan MT25. Sontak, recall R25 dan MT25 menjadi viral. Seluruh penggian roda dua, mulai dari teknisi, pengamat, blogger hingga komentator membicarakan recall ini. Dari yang pro hingga yang nyinyir. Biasa, Indonesia itu hebat bro!

Nah, kembali ke judul di atas, mengapa pabrikan lain harus berterima kasih pada Yamaha untuk recall-nya? Sebab recall ini bisa dibilang recall ‘resmi’ pertama yang diketahui publik tanah air. Memang, Honda, Suzuki dan Kawasaki pernah melakukannya, namun mereka lebih memilih silent recall dengan bahasa bukan recall namun lebih halus dengan gaya masing-masing. Nah, dengan recall terbuka Yamaha ini maka pabrikan lain di kelak kemudian hari akan memiliki beban sangat ringan jika akan melakukan tindakan serupa.

Sebagai yang pertama, jelas beban Yamaha saat ini sangat berat. Ini Indonesia, bukan negara luar sono yang sudah menganggap recall hal yang biasa. Pabrikan lain akan mengamati dengan seksama apa reaksi publik dan hasil dari proses ini bagi pabrikan sekelas Yamaha. Jika recall ini sukses, pabrikan lain akan tersenyum. Namun, sebaliknya jika efeknya lebih buruk dari perkiraan, boleh jadi recall Yamaha ini akan menjadi yang pertama sekaligus yang terakhir dilakukan pabrikan secara terbuka. Di sinilah pabrikan lain akan berterima kasih kepada Yamaha. Kelinci percobaan.

So, apakah recall R25 dan MT25 ini akan berhasil atau tidak untuk imej Yamaha? Semua tergantung brosis sekalian. Dewasa or nyinyir. Namun, apapun hasilnya proses tersebut, Honda, Kawasaki, Suzuki atau pabrikan lain akan berterima kasih pada Yamaha, walau itu hanya dalam benak masing-masing. Yang gak setuju awas lho… #asahclurit bhuahahahaha

Advertisements

16 Comments

  1. pas mx pertama kali keluar jg ada recall .punya ane diganti sok belakang sama baut dudukan waterpump.tp ada jg yg gnt waterpump assy

  2. kalau udah sesembahan mau dikatain apa juga tetep nyinyir kang sama pabrikan sebelah. Ngomong2 Kang RiderAlam orang Situbondo ya ?

Comments are closed.