Tampil Buruk Di Hari Pertama MotoGP Jerman, Valentino Rossi Ungkap 3 Alasan!

Hari pertama MotoGP Sachsenring Jerman 2016 menjadi mimpi buruk bagi para pembalap Yamaha, tidak terkecuali Valentino Rossi. Tidak ada satupun pembalap Yamaha yang mampu nangkring di 10 besar.

Hanya Rossi yang bisa di posisi keempat pada FP1, itupun gara-gara sesi ini hanya berlangsung 7 putaran akibat cuaca yang kurang baik. Bahkan di FP2 Rossi hanya ditempat ke-14. Rossi menganggap ada tiga penyebab utama sulitnya membalap dengan bagus di Sachsenring pada hari pertama kemarin.

Pertama adalah masalah ban. Sirkuit Sachsenring yang lebih banyak memiliki tikungan ke kiri dibanding ke kanan menuntut sisi kiri ban lebih bekerja keras. Alhasil, Michelin harus menyediakan ban khusus di Sachsenring ini dengan jenis asimetris. Lebih keras bagian kiri. Kondisi ban sisi kiri yang lebih keras justru kurang bagus di putaran awal balapan, belum panas sehingga cengkraman kurang.

“Opsi ban lunak masih terlalu keras dan kami tidak bisa mendapatkan pengendalian atau rasa percaya diri yang memadai untuk bisa menggeber motornya secara maksimal,” kata Rossi di situs resmi Yamaha.
Kondisi berikutnya yang makin memperparah keadaan adalah cuaca yang dingin. Bahkan, di sesi kedua lintasan sempat diguyur hujan dan tidak muncul matahari sama sekali. Kondisi trek yang dingin membuat ban lambat panas. Bisa ditebak, grip ban ke aspal menjadi berkurang. Rossi merasa cuaca dingin membuat feelingnya dengan motor tidak nge-blend.

“Ini hari yang sulit untuk para pembalap Yamaha, khususnya karena kami semua kesulitan mendapatkan pengendalian dan temperatur yang tepat pada ban depan”
Faktor terakhir yang makin memperparah kondisi adalah trafik di lintasan yang sangat padat. Rossi mengaku terjebak di trafik sehingga tidak bisa menggeber motor dengan maksimal. Alhasil, posisi 14 menjadi ‘hadiah’ seluruh kekecauan itu.

“Sore ini saya juga punya satu masalah lain: saya terjebak di trafik dan tak bisa menggeber 100% dalam melakukan putaran” 
Sehingga tidak salah jika Rossi berharap di hari kedua nanti, Sabtu (16/7) matahari akan bersinar sehingga lintasan kering dan cukup mendapatkan panas. Tidak lain agar motor bisa digeber dengan maksimal.

Saya jauh tertinggal, jadi kami harap besok dan hari Minggu temperatur akan lebih baik dengan sedikit matahari. Itu bisa banyak membantu kami” 

Jadi, kita tunggu saja bagaimana hasil FP3, FP4 dan kualifikasi di Sabtu ini. Akankah Valentino Rossi dan pembalap Yamaha lainnya memperbaiki laptime atau makin terpuruk?

Advertisements

3 Comments

Comments are closed.