Inilah Daftar Motor Teririt Yamaha 2016

Vega Force

Yamaha selama ini identik dengan imej produk-produk motornya yang kencang. Namun ternyata dibalik kencangnya itu, efisiensi konsumsi bahan bakar juga tidak lupa mereka perhatikan sehingga selain kencang, motor Yamaha juga irit. Nah, berikut daftar motor Yamaha teririt versi Otomotifnet.

Teririt menurut Otomotifnet adalah bebek entry level Yamaha Vega Force. Bebek termurah Yamaha memiliki efisiensi bahan bakar hingga 55,6 km/liter. Sedangkan Yamaha Xabre menjadi yang terboros dengan 40 km/liter. Namun, untuk ukuran motor sport 150 cc, konsumsi bbm hingga 40 km/liter tidaklah pantas disebut boros, masih irit sebenarnya.

Untuk matik, si bongsor Yamaha NMax sukses menjadi yang teririt. Untuk 1 liter bahan bakar, NMax mampu menempuh jarak 48 km. 

Berikut Daftar Motor Teririt Yamaha 2016:

  1. Yamaha Vega Force: 55,6 km/lt
  2. Yamaha MX King 150: 48 km/lt
  3. Yamaha NMAX: 48 km/lt
  4. Yamaha Grand Filano: 48 km/l
  5. Yamaha New Fino 125 Blue Core: 47,6 km/lt
  6. New Yamaha Mio M3: 46 km/lt
  7. All New Yamaha Soul GT: 45 km/lt
  8. Yamaha All New Byson FI: 44,6 km/lt
  9. Yamaha Jupiter Z1 42,5 km/lt
  10. Yamaha Aerox 125LC: 41,1 km/lt
  11. Yamaha X-Ride 41 km/lt
  12. Yamaha Xabre 40 km/lt

Dari data Otomotifnet tidak nampak naked sport terlaris Yamaha, New Vixion Advance. Entah apakah terlewat dimasukkan atau NVA memang tidak masuk daftar karena tidak irit, RA kurang paham.Namun, Motorplus pernah melakukan uji bahan bakar New Vixion Advance yang kala itu dibandingkan dengan All New CB150R bisa mencapai 43 km/liter (All New CB150R 44km/liter).

Apakah data di atas mutlak benar? Relatif brosis. Yang jelas parameter keiritan sebuah motor dibandingkan dengan motor lain sebenarnya sangat rumit dan sulit dilakukan agar benar-benar menghasilkan data yang valid 100%. Seluruh faktor harus dihitung dengan cermat, sebut saja misalnya bobot rider yang harus sama persis, tinggi rider juga tidak boleh berbeda, kondisi cuaca saat pengujian juga harus sama, waktu pengujian juga harus sama, jenis bahan bakar juga tidak boleh berbeda dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, misal motor A hendak dilakukan uji konsumsi bahan bakar dan dibandingkan dengan motor B, maka seluruh parameter di atas haruslah sama. Tapi, apa iya hal itu bisa dilakukan?! Tidak ada yang sempurna, apa yang telah dirangkum oleh Otomotifnet sudah lebih dari cukup sebagai penambah wawasan kita.

Si Genza ini maksimal 41 km/liter, yang numpak jumbo sih

Contoh paling bisa RA pertanggung jawabkan adalah konsumsi bahan bakar NMax. Pada data Otomotifnet, Yamaha NMax bisa mencapai 48 km/liter. Dan angka itu hingga hampur setahun RA mengendarai NMax dengan berbagai kondisi kecepatan tidak pernah sekalipun dicapai. Mentok di 41 km/liter. Mengapa? Banyak faktor. Paling jelas perbedaannya mungkin adalah soal bobot rider. Maklum, jika test rider Otomotifnet punya bobot tubuh sekitar 60-70 kg, RA bisa mencapai 100 kg plus plus… Beda banget bukan?! *saya berusaha tidak tersenyum

Advertisements