Mengukur Posisi Blog Sendiri Dengan Blog-Blog Tenar Tanah Air Menggunakan Alexa Rank! 

Jagad blogsphere otomotif roda dua tanah air makin hari makin dinamis. Blog-blog baru dengan tema tulisan tentang motor bermunculan. Mereka berlomba-loma menghadirkan artikel-artikel berkualitas dengan gaya bahasa masing-masing. Sehingga tanpa disadari muncul kompetisi antar blog dalam menggaet viewer alias pengunjung. Ada yang ‘menang’ dengan visitor yang banyak, tak jarang pula yang biasa-biasa saja atau kalau mau dibilang kasar ‘pokok eksis dah cukup’. Lalu, dari mana kita bisa tahu pemenang kompetisi tersebut? Salah satunya dengan alexa rank.

Alexa Rank adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada sebuah blog atau website berdasarkan banyaknya trafik atau pengunjung, penghitungan ini dilakukan oleh alexa.com. Peringkat ini dihitung dari terbesar sampai yang terkecil, jadi semakin kecil alexa rank maka semakin bagus kualitas blog tersebut.

Nah, itu definisi alexa rank yang RA ambil dari google. Jadi, dengan mengecek ranking alexa blog masing-masing kita bisa tahu dimana posisi blog kita dibanding blog teman-teman lainnya.

Nah, sedikit flashback ke pertengahan tahun 2011. Awal mula RA membuat blog dengan alamat pertama karisnsz.wordpress.com merupakan hasil influence dari dua blog otomotif terkenal kala itu, tmcblog milik mas Taufik dan iwanbanaran milik mas Iwan. Dua blog itulah yang menjadi inspirasi RA ngeblog dengan topik utama otomotif roda dua, walaupun saat itu pengetahuan tentang motor sangat-sangat minim, terutama hal berbau teknis.

Sekarang, 5 tahun kemudian saat blog ini bermetamorfosis menjadi rideralam.com,  kedua blog tersebut masih eksis bahkan makin menegaskan diri sebagai acuan blog-blog otomotif roda dua tanah air. Saat ini, selain kedua blog tenar tersebut, bermunculan blog-blog baru yang pasca kelahirannya makin meroket pamornya. Tidak lain karena mereka, si blogger, punya gaya bahasa yang khas dan menarik. Selain itu, sosialisasi blogger-blogger tersebut dengan seluruh kalangan terjalin dengan baik. Baik dengan sesama blogger maupun dengan pabrikan alias atpm. Sebut saja misalnya pertamax7 yang diawaki mahasiswa (semoga tidak abadi status itu) asal Wonogiri bernama Irfan. Dia sukses meraih visitor yang besar berkat kepandaiannya mengolah kata. Pertamax7 punya gaya penulisan yang, sorry to say acak kadul, namun justru itulah kekuatan artikel-artikel dia, makin ditunjang hobinya jalan-jalan menyambangi rekan-rekan blogger dari ujung timur Pulau Jawa hingga Pulau Jakarta (istilah yang dipopulerkannya setelah Jakarta sering banjir).

Selain itu, ada blogger senior juga yang berstatus dosen dengan blognya bernama bonsaibiker. Blog yang punya ciri khas typo alias sering salah ketik akibat saking semangatnya mempublish sebuah berita laka lantas yang belakangan menjadi identitas bonsaibiker. Namun, typo menjadi termaafkan dengan kecepatan informasi yang disajikan.

Nah, RA tiba-tiba terlintas sebuah pikiran dimana sih posisi rideralam dibanding blog-blog tenar itu. Untuk melihatnya maka RA gunakan alexa rank sebagai acuan. 

Caranya cukup mudah, masuk saja ke web alexa.com dan masukkan alamat blog yang ingin kita ketahui ranking alexanya. Dan inilah hasilnya.
tmcblog
Global Rank 73.574
Rank in Indonesia 1.601

iwanbanaran
Global Rank 52.715
Rank in Indonesia 889

bonsaibiker
Global Rank 113.080
Rank in Indonesia 2.395

pertamax7
Global Rank 118.188
Rank in Indonesia 2.578

Lalu, bagaimana dengan rideralam? Heuheuheu… Gemuk banget brosis, gak orangnya gak alexa rank-nya, sami mawon. Jadi malu dah lima tahun ngeblog masih segini aja hiks… Tapi tidak apa-apa, tetap semangat lah walaupun sebagian besar sudah menguap seiring bWAdai tahap dua menyerang. 

rideralam
Global Rank 414.793
Rank in Indonesia 12.087

Nah, bagaimana dengan blog brosis? Alexa rank-nya gemuk apa kurus? 

Advertisements

26 Comments

  1. Sebenarnya klo mau bikin blog gabungan bs lbh aktif & variatif isi blognya, misal 1 blog ada beberapa admin ato narasumber…bs dicoba….

  2. Sayangnya bagi finance yang kuat, ranking di Alexa bisa dibayar.. Biasanya kaya media elektronik yg populer di Indonesia..
    Btw ipan udah kalah ma bonsai yah skrg.. Tadinya Dia ratusan dan seribuan kecil..
    Iwb sama tmc sempat puluhan..
    Berubah ya konon katanya salah satunya banyak yg bayar buat naikin peringkat hehe..

  3. Ada blogger yang peringkatnya di bawah rata2.. Ngga tenar.. Dipiara pabrikan setelah berusaha mengenal sana sini.. terus dikasih pinjam supersport sama bisa beli r25.. Dan lupa daratan

    Alexa ngga baku kang..

Comments are closed.