Rilis CBR250RR, Honda Belajar Dari ‘Kesalahan’ Yamaha YZF-R25!

Honda baru saja merilis CBR250RR dengan desain yang 11-12 dengan versi konsepnya yang diperkenalkan di Tokyo tahun lalu. Perbedaan yang sedikit antara versi konsep dengan masspro diacungi jempol oleh para pemerhati motor serta blogger R2. Mereka memuji Honda yang berani tampil ‘gila’ di CBR250RR terbaru. Untuk satu hal ini, Honda jelas di depan Yamaha.

Masih ingatkah brosis dengan video penampakan sebuah motorsport yang ‘berlindung’ di balik YZR-M1 Valentino Rossi? Yup, itu adalah sebuah motor konsep dari YZF-R25 yang kelak kemudian hari pasca video itu benar-benar dirilis oleh Yamaha Indonesia. World premier R25 dilangsungkan di Indonesia, sontak seluruh mata menuju negeri ini. Harap-harap cemas apakah R25 masspro yang akan dirilis akan segarang R25 konsep by Valentino Rossi? Hasilnya?

Sama sekali beda!!!

R25 masspro sangat jauh dari penampakan R25 konsep yang begitu disanjung oleh pemerhati roda dua tanah air bahkan dunia. Seketika, ekspektasi awal bahwa R25 akan sangat bengis layaknya versi konsep runtuh dengan penampakan R25 masspro. Beruntung, pemberitaan R25 yang sangat massive sedikit melupakan kekecewaan pasar.
Kita semua paham bahwa pada akhirnya R25 ‘hanya’ menjadi jagoan di luar negeri. Di negeri sendiri tempat terciptanya si kuda besi, R25 ternyata sama sekali tidak mampu mengusik hegemoni sport 250 leader Ninja 250FI. Boleh jadi, perbedaan yang sangat drastis dari versi konsep menjadi salah satu penyebab anjloknya pamor R25. Ditambah isu sunatan massal power R25 yang ternyata jauh dari klaim pabrikan plus penemuan blogger soal pemilihan material bodi dari plastik kualitas jelek makin membuat pamor R25 redup.

Kali ini, Honda nampaknya belajar dari ‘insiden’ Yamaha R25. Versi konsep CBR250RR yang mendapat apresiasi lebih dari pemerhati roda dua mampu diterjemahkan dengan baik ke dalam versi masspro. Kita tunggu saja apakah jalan yang dipilih Honda ini bisa melambungkan pamor CBR250RR yang versi sebelumnya babak belur dihajar kompetitor. Sepertinya sih iya…

Advertisements

9 Comments

  1. Untuk case r25, kalau gue menilai versi masspro nya jauh lbh bagus dr konsep.. untuk cbr sndiri, dr konsep awal emang udh bagus bgt,, moge bgt..

    • Akhirnya ada yg sepikiran sama ane, versi konsep r25 racing banget sih tapi terkesan apaadanya lekukan kurang blas, gak wah kek cbr 250rr

Comments are closed.