Review Hari Pertama GP Jerman 2016, Rosberg Dominan, Rio Membaik!

Nico Rosberg Dominan

Hari pertama GP Jerman di sirkuit Hockenheimring, Jumat (29/7) menjadi milik dua pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Rosberg selalu menjadi yang tercepat dibuntuti Hamilton. Sementara itu Rio Haryanto mampu memperbaiki catatan waktunya di dua latihan bebas (FP).

Di sesi pembuka pagi, Rosberg sebagai pembalap tuan rumah memimpin sesi dengan 1 menit 15,517 detik unggul 0,326 detik dari Hamilton. Rosberg melahap 32 putaran di sirkuit sepanjang 4,5 km tersebut. Best laptime Rosberg dicapai dengan ban supersoft. Tercepat ketiga adalah pembalap tuan rumah lainnya Sebastian Vettel dari Ferrari.

Di sesi sore, lagi-lagi Rosberg mampu mempecundangi Hamilton. Best laptime Rosberg sebenarnya menurun dibanding FP1 menjadi 1 menit 15,614 detik, namun justru Hamilton ikutan turun menjadi 1 menit 16,008 detik sehingga masih di belakang Rosberg. Catatan terbaik Rosberg diraih dengan ban soft. Posisi ketiga kembali diraih Vettel.

Rio Haryanto membaik dari tiap sesi

Sementara itu, Rio Haryanto di dua sesi latihan bebas pagi dan sore tidak beranjak dari posisi 21. Namun, ada hal positif dari catatan waktunya yang semakin membaik. Di FP1 best lap time Rio 1 menit 19,167 detik dan di FP2 menjadi 1 menit 18,591 detik. Ada improve lebih dari setengah detik. Sedangkan rekan setimnya, Pascal Wehrlein di FP1 ada di posisi 22 dengan 1 menit 19,975 detik dan FP2 naik ke posisi 19 dengan 1 menit 18,193 detik.
Rio berpendapat di Hockenheimring kali ini pemilihan ban menjadi krusial.

“Saya pikir pilihan ban akan menjadi tantangan. Melihat stint panjang hari ini, nampaknya dua kompon ban bekerja sangat berbeda”, ujar Rio

Rio menggunakan ban soft dan medium di sesi latihan bebas kali ini.

Advertisements

Comments are closed.