Kalahkan Hamilton, Rosberg Pole GP Jerman 2016, Rio Start Depan Duo Sauber!

Nico Rosberg

Pembalap tuan rumah Nico Rosberg berhasil mengamankan pole position GP Jerman di Sirkuit Hockenheimring pada sesi kualifikasi, Sabtu (30/7). Rosberg unggul dari rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton. Sementara itu, Rio Haryanto akan start dari posisi 20 di depan dua pembalap Sauber.

Sesi kualifikasi yang berlangsung 3 tahap, Rosberg sebenarnya selalu kalah dari Hamilton di dua tahap awal. Di Q1, Rosberg kalah 0,242 detik dari Hamilton. Di Q2, Rosberg juga masih kalah dari Hamilton dengan 0,091 detik, makin tipis. Nah, saat Q3 yang hanya diikuti 10 pembalap teratas Q2, Rosberg mulai unjuk gigi. Rosberg mampu mencetak fastest lap dengan 1 menit 14,363 detik mengungguli Hamilton 0,107 detik untuk menyabet pole di home race-nya.

Sedangkan persaingan ketat juga ditunjukkan empat pembalap dari dua tim yang berbeda untuk merebut posisi start 3&4. Duo Red Bull Daniel Ricciardo dan Max Verstappen berhasil mengamankan posisi tersebut dari gempuran duo Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel yang harus puas start di baris ketiga.

Sementara itu, pembalap Indonesia Rio Haryanto akan start dari posisi 20. Rio masih lebih baik dari dua pembalap Sauber yang. di musim ini memang menjadi rival terdekat Manor. Rio mencatat waktu 1 menit 16,977 detik. Rekan setimnya, Pascal Wehrlein akan start di posisi 18 tepat di depan pembalap Toro Rosso Daniil Kvyat.

Balapan Grand Prix Formula One seri ke-12 di Sirkuit Hockenheimring, Jerman akan dilangsungkan hari ini Minggu (31/7) mulai pukul 19.00 wib (kalau di GlobalTV mulai 18.30 untuk basa-basinya dulu). 

Siapa pemenang GP Jerman tahun ini? Akankah Lewis Hamilton meneruskan tren kemenangannya menjadi 4 kali beruntun atau Nico Rosberg yang akan memuaskan para penggemarnya di tanah kelahiran? Atau jangan-jangan jagoan tuan rumah lainnya Sebastian Vettel akan memberikan kemenangan pertamanya bagi Ferrari musim ini? Bagaimana pula posisi akhir finish Rio Haryanto? Jawabannya usai balapan dong hehehehe….

Hasil kualifikasi GP Jerman 2016
Advertisements