Trio Yamaha Makin Digemari Dunia Internasional

Market nasional yang kurang menggembirakan membuat Yamaha seperti all out menebusnya di pasar internasional. Ekspor menjadi solusi selanjutnya untuk mengeruk keuntungan. Dan, untuk ekspor ini mereka sudah punya gacoan yang bisa diandalkan. Ada tiga jenis motor yang mendapat respon bagus di pasar internasional yakni NMax, R25/R3 dan MX King.

Ketiganya mampu marambah pasar Asia, Australia, Amerika, Eropa hingga Amerika Selatan. NMax yang merupakan skutik bongsor menjadi favorit di negara-negara Eropa seperti Spanyol serta di Amerika Latin khususnya Brazil. Desain sporty dan khas sesuai dengan karakter otang-orang sana yang menginginkan motor matik fungsional namun trendy mampu dijawab Yamaha denngan kehadiran NMax. Tak heran jika penjualan ekspor NMax menjadi yang terbanyak dalam kurun waktu semester pertama 2016 ini.

Paruh pertama tahun 2016 (Januari – Juni ) Yamaha NMax berhasil diekspor sebanyak 19.640 unit.

Sementara itu motorsport seperempat liter (YZF-R25) dan variannya yakni YZF-R3 juga tidak kalah laris di pasar ekspor. Walau sempat digoyang kasus recall, namun secara bersamaan imej R25/R3 terkerek atas kerjasama Yamaha denngan VR46 Academy alias akademi balap milik Valentino Rossi. Kerjasama berupa penyediaan unit R25/R3 untuk para pembalap muda binaan VR46 Academy mampu mendongkrak ekspor si kuda besi.

Sepanjang Januari-Juni 206 Yamaha YZF-R25 diekspor sebanyak 17.720 unit.

Dan untuk moped, MX King juga tidak mau kalah dari dua saudaranya di kelas matik dan sport. Bebek super berkubikasi 150cc itu menjadi primadona baru di Filipina, selain tentunya ke negara lain.

Yamaha MX King 150 diekspor sebanyak 15.800 unit.

Kondisi pasar nasional yang kurang bersahabat memang harus memaksa pabrikan putar otak mencari pasar lain yang besar potensinya. Ekspor adalah solusinya. Tentu saja, kualitas produk menjadi taruhan jika berbicara pasar ekspor. Standar kualitas tiap negara pasti berbeda dan iniadalah tantangan selanjutnya bagi pabrikan. Dan Yamaha nampaknya sudah bisa mengatasinya.

Advertisements

Comments are closed.