KTM Jual Rugi RC250 Demi Kuasai Mindset Konsumen Tanah Air… Good!!! 

Kabar dipangkasnya harga KTM RC250 menjadi ‘hanya’ 48 juta jelas menghebohkan jagad otomotif tanah air. Motor yang biasanya masuk range harga di atas 70 jutaan karena kualitasnya yang premium dipangkas menjadi nyaris setengahnya, siapa sih yang gak klepek-klepek. Antusiasme biker tanah air untuk segera mendapatkan motor KTM asli (bukan KTM Inul) bisa jadi akan mengalahkan kehebohan CBR250RR. Eits no offense ya, hanya pendapat pribadi. Kira-kira mengapa KTM bisa banting harga RC Series (termasuk Duke series) gila-gilaan?

Ternyata dari informasi yang RA peroleh dulur di Jatimotoblog yang lumayan dekat dengan petinggi Bajaj (eks bajaj) itu adalah strategi awal kolaborasi KTM-Bajaj untuk melakukan penetrasi lebih dalam ke pasar gurih nasional melalui mindset konsumen tanah air. Bahwa motor premium KTM ternyata bisa dijual murah dengan kualitas tetap premium. Ini sekaligus menjadi sinyal bahwa motor-motor sekelas dari pabrikan Jepang seperti terkesan overprice.

KTM bisa melakukan strategi banting harga kabarnya karena itu bagian dari strategi jangka panjang untuk melawan pabrikan Jepang dengan mendirikan pabrik perakitan di sini (strategi lengkapnya silahkan sambangi adventuriderz). Jangka waktu pembangunan pabrik yang disinyalir selama 3 tahun akan digunakan oleh KTM dengan mensubsidi harga RC Series dan Duke Series menjadi setara harga produk lokal. Subsidi diberikan selama pembangunan pabrik berlangsung.
Sebuah pengorbanan besar KTM ‘hanya’ demi menggoyang dominasi pabrikan Jepang. Istilahnya berani rugi di awal untuk raup kejayaan selanjutnya. Mundur satu langkah untuk lakukan lompatan 5 langkah ke depan. Sedikit banyak, jika benar kondisi itu akan terjadi (dulur Jatimotoblog menyebutnya sudah pasti terjadi hanya tinggal eksekusinya saja) jelas ini akan membuat pabrikan Jepang macam Honda, Yamaha dan Kawasaki akan bereaksi. Apa reaksinya? Kita lihat saja apa yang akan terjadi setelah ini, makin banyak undangan berseliweran, makin banyak gathering-gathering atau jangan-jangan mereka akan obral banner? Ahaa… #ups

Contact me on:
Whatsapp: +62 877 1 2727 000
Email: karis.nsz@gmail.com
Instagram: @karismapr
Twitter: @karismapr

Advertisements

Comments are closed.