Modifikasi Tikungan 10, Red Bull Ring Tidak Lagi Menjadi Sirkuit Terkencang Musim Ini!

Modifikasi Tikungan 10 Sirkuit Red Bull Ring Bikin Pembalap Lebih Lamban

Sehari sebelum GP Austria berlangsung pihak otoritas MotoGP melakukan sedikit ubahan pada lay out Sirkuit Red Bull Ring. Ubahan dilakukan pada tikungan 10 menjadi lebih sempit demi alasan keamanan

Tikungan ke-10 yang sedianya memiliki lebar 13 meter akhirnya dikurangi menjadi hanya 10 meter. Hal ini dilakukan agar para pembalap mengurangi kecepatan setelah keluar tikungan. Selain itu, pengurangan lebar aspal menjadikan area gravel lebih luas. Sebelumnya, banyak pembalap mengeluhkan sempitnya gravel tikungan 10 padahal kecepatan motor masih sangat kencang di tempat itu. Sangat beresiko menghadirkan kecelakaan fatal jika terjadi kesalahan di area tersebut.

Pejabat keselamatan Federasi Balap Sepeda Motor Internasional (FIM) Franco Uncini memutuskan untuk mengurangi lebar tikungan setelah berdiskusi dengan para pembalap. Para pembalap memang mengeluhkan kalau tikungan itu kekurangan area run-off atau bahu jalan.

Perubahan ini nampaknya kecepatan rata-rata pembalap di Sirkuit Red Bull Ring akan lebih lambat dari hasil uji coba bulan lalu. Sebelumnya, kecepatan rata-rata Sirkuit Red Bull diperkirakan akan menjadi paling kencang musim ini, namun dengan modifikasi tikungan 10 tersebut maka rekor itu masih akan dipegang Sirkuit Philip Island, Australia.

Hasil ujicoba pembalap MotoGP di Red Bull Ring bulan lalu menghantarkan para pembalap Ducati yang mendominasi. Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso silih berganti mencatat waktu tercepat diikuti test rider mereka Casey Stoner. Apakah dengan modifikasi tikungan 10 ini Ducati akan mengalami kesulitan mengwmbangkan kecepatan Desmosedici nya atau tidak akan berpengaruh besar? Kita tunggu saja di sesi latihan bebas pertama hari ini Jumat (12/8).

Credit: crash.net

Advertisements