MotoGP Austria 2016: Ducati, Sempurna! 

Iannone ungguli Dovizioso di Red Bull Ring untuk Ducati yang sempurna!

Seperti judul di atas, Ducati sempurna di Red Bull Ring Circuit, Austria. Dominan sejak sesi latihan bebas pertama, bahkan sejak tes resmi bulan lalu, lanjut ke start 1-2 di kualifikasi hingga finish 1-2 kembali di race, Minggu (14/8). Adalah Andrea Iannone yang berhasil mempersembahkan kemenangan bagi tim yang akan ditinggalkannya musim depan itu.

Start dari pole, Iannone sempat kehilangan posisi terdepan dari rekannya Dovi. Namun, performa Iannone makin menjadi-jadi seiring bertambahnya lap, yang berarti berkurangnya bobot motor akibat bahan bakar menipis, hingga akhirnya di lap 21 atau 7 lap jelang finish, Iannone kembali fight back di trek lurus guna merebut kembali pimpinan balap dari Dovi. Posisi yang terus dipertahankannya hingga bendera ‘catur’ berkibar. Iannone unggul sekitar 0,3 detik dari Dovi.

Ducati berpesta. Target kemenangan, setidaknya satu kali di musim lalu (gagal) dan dua kali musim ini mulai on the track. Kemenangan ini jelas akan mengangkat rasa percaya diri Iannone dan seluruh kru Ducati. Bahwa mereka juga bisa menang! Bagi Iannone capaian ini yang terbaik sepanjang karirnya di kelas para raja. Sebelumnya prestasi terbaiknya adalah runner up di GP Italia 2015. Musim ini, prestasi terbaik Iannone adalah peringkat ketiga di GP Inggris dan GP Italia.

Di belakang dua Ducati, duo Movistar Yamaha Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi berduel untuk podium terakhir. Keduanya memang terlihat tidak bisa mengimbangi kecepatan Desmosedici GP16 di Red Bull Ring. Kekuatiran Rosai yang terbukti sejak tes resmi bulan lalu. Rossi memang pernah risau dengan kecepatan Ducati di Red Bull Ring. Dan benar saja, di race yang berlangsung 28 lap itu praktis Rossi hanya berduel dengan sesama Yamaha Lorenzo guna merebut podium ketiga. Dan Lorenzolah yang berhasil memenangi duel itu.

Pimpinan klasemen Marc Marquez yang mendapatkan cedera di sesi latihan nampak tidak terlalu ngotot untuk merangsek ke depan. Dengan pain killer plus keunggulan poin yang cukup signifikan di klasemen, Maquez terlihat ‘hanya’ berusaha mengamankan posisi kelima. Tambahan poin yang cukup melihat posisi dua rivalnya di balapan yang hanya finish 3 dan 4. Maverick Vinales dari Suzuki finish keenam.

Hasil Top 15 MotoGP Austria 2016:

  1. Iannone
  2. Dovizioso
  3. Lorenzo
  4. Rossi
  5. Marquez
  6. Vinales
  7. Pedrosa
  8. Redding
  9. Smith
  10. Pol Esp
  11. Petrucci
  12. Pirro
  13. Baz
  14. Rabat
  15. Crutchlow

Hasil GP Austria 2016 ini tidak banyak merubah posisi klasemen. Marquez, Lorenzo dan Rossi masih di top 3. Sementara Iannone dan Dovi mulai merengsek dengan tambahan 25 dan 20 poin.

Klasemen sementara setelah GP Austria 2016:

  1. Marquez 181 poin
  2. Lorenzo 138
  3. Rossi 124
  4. Pedrosa 105
  5. Vinales 93
  6. Iannone 88
  7. Dovizioso 79
  8. Pol Esp 78
  9. Barbera 65
  10. Redding 53
Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Koleksi Blog yang Membahas MotoGP Austria 2016 | Mercon Motor™

Comments are closed.