Inilah Daftar 10 Kampus Terbaik Di Indonesia Tahun 2016, Mana Kampusmu Brooo?! 

Dalam suasana kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (kemenristekdikti) merilis daftar perguruan tinggi terbaik tanah air 2016. Pengumuman hasil daftar perguruan tinggi terbaik tanah air 2016 dilakukan usai upacara peringatan detik-detik proklamasi oleh Menristekdikti Muhammad Nasir.

Hasilnya, Institut Teknologi Bandung (ITB) masih menjadi kampus terbaik se Indonesia. ITB berhasil mempertahankan status kampus terbaik negeri ini seperti tahun lalu. Sementara itu, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga masih mengekor di posisi kedua seperti tahun lalu. Kedua kampus itu meraih poin tertinggi dari tiga faktor penilaian yang dilakukan kemenristekdikti.

Sedikit pergeseran terjadi di peringkat ketiga dan keempat. Jika di tahun 2015 lalu Institut Pertanian Bogor (IPB) masih bercokol di posisi ketiga, tahun ini posisinya digeser kampus kuning Universitas Indonesia (UI) yang tahun lalu ada di posisi keempat. Sebenarnya kedua kampus tersebut sama-sama mengalami kenaikan poin, namun UI lebih tinggi kenaikannya.

Kampus terbaik Jawa Timur tahun ini menjadi milik Universitas Brawijaya (UB) yang berlokasi di Malang. UB berhasil menggeser Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya yang mengalami penurunan skor dibanding tahun lalu. Selain UB dan ITS, Jawa Timur juga menempatkan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya di posisi 10 besar berada di peringkat tujuh.

Dalam rilis 10 kampus terbaik di Indonesia tahun 2016 ada satu kampus baru yang masuk di top 10 yakni Universitas Hasanudin (Unhas) Makasar. Unhas langsung naik ke posisi 8 mengalahkan dua kampus lainnya yakni Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Jika Unhas masuk top 10 tahun 2016, maka Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) harus terlempar keluar dari posisi 10 besar kampus terbaik tanah air 2016.

Menristekdikti Muhammad Nasir menyebutkan ada tiga kriteria yang dinilai untuk menentukan peringkat kampus tersebut. Faktor pertama adalah akreditasi perguruan tinggi dan program studi (prodi), kedua adalah jumlah dan kualifikasi dosen dan ketiga adalah kinerja mahasiswa. Nasir mengatakan kampus-kampus yang nilainya mengalami penurunan di tahun ini diharapkan kembali meningkatkan kinerjanya untuk tahun 2017 nanti.

Jika melihat daftar top 10 kampus terbaik negeri ini tahun 2016 semuanya adalah perguruan tinggi negeri alias kampus plat merah. Hal tersebut terjadi karena memang secara umum dari berbagai kriteria penilaian kampus negeri menghasilkan skor tertinggi. Padahal, jika dilihat dari nilai per kriteria ada sejumlah kampus swasta yang masuk top 10. Misalnya Universitas Surabaya (Ubaya) yang ada di peringkat 10 untuk kriteria kemahasiswaan dan akreditasi kampus. Juga ada Universitas Gunadharma yang bahkan tembus peringkat 5 untuk kriteria akreditasi.

Menurut Dirjen Kelembagaan Kemenristekdikti Patdono Suwigjo, perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan ini khusus di bawah Kemenristekdikti. Jadi, tidak melibatkan kampus-kampus yang ada di bawah lembaga lain seperti kementerian agama. Dosen ITS itu menjelaskan bahwa data yang diolah untuk pemeringkatan itu adalah data umum yang bisa diakses masyarakat. Di antaranya data akreditasi dan jumlah serta profil dosen di pangkalan data pendidikan tinggi (PDPT). Jadi, semakin banyak dosen yang bertitel S3, maka nilai kampus itu semakin tinggi.

Daftar Top 10 Kampus Terbaik Indonesia Tahun 2016:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Skor : 3,78
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), 3,72
  3. Universitas Indonesia (UI), 3,69
  4. Insitut Pertanian Bogor (IPB), 3,54
  5. Universitas Brawijaya (UB), 3,24
  6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), 3,17
  7. Universitas Airlangga (Unair), 3,15
  8. Universitas Hasanuddin (Unhas), 3,06
  9. Universitas Diponegoro (Undip), 3,04
  10. Universitas Padjadjaran (Unpad), 2,97

Coba kita bandingkan dengan hasil di tahun 2015 lalu, cekidot…

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Skor : 3,74
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), 3,69
  3. Insitut Pertanian Bogor (IPB), 3,49
  4. Universitas Indonesia (UI), 3,41
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), 3,29
  6. Universitas Brawaijaya (UB), 3,22
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad), 3,07
  8. Universitas Airlangga (Unair), 3,06
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS), 3,04
  10. Universitas Diponegoro (Undip), 2,98

Credit: jpnn

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.