Asapi Rossi & Marquez, Crutchlow Menangi MotoGP Czeska 2016

ktm indonesia

Lintasan basah memang sering menghadirkan cerita seru. Termasuk yang terjadi di Brno, Republik Czeska. Di sirkuit sepanjang 5 km itu muncul juara baru MotoGP asal Inggris yakni Cal Crutchlow. Crutchlow sukses memenangi MotoGP Czeska 2016 mengalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Kemenangan Crutchlow tidak lepas dari strateginya memilih ban depan belakang bertipe keras. Dari 20 pembalap yang start (minus Jack Miller yang cedera) hanya ada tiga pembalap yang memilih ban belakang tipe keras yakni Lorenzo, Rabat dan Crutchlow sedangkan untuk ban depan tipe keras hanya seorang Crutchlow. Sebuah strategi yang akhirnya membawa bendera Inggris Raya berkibar paling atas setelah 35 tahun yang lalu.

Di awal-awal balapan, posisi Crutchlow memang kurang bagus, hanya di barisan tengah belakang. Tipe ban keras memang butuh waktu untuk panas sepertinya. Ketika Iannone, Marquez, Dovi bahkan Redding dan Barbera bertarung di depan, Crutchlow masih dibelakang. Hingga akhirnya di lap 11 dari 22 lap, keuntungan ban keras dengan grip makin menyatu perlahan memberi keuntungan bagi Crutchlow. Dari posisi 9 di lap 9, Cructhlow sudah naik ke posisi 6 di lap 11. Kecepatannya terus meningkat, bahkan di lap 12 laptime Cructhlow sudah 1,5 detik lebih cepat dari Iannone yang memimpin lomba. Tinggal menunggu waktu buat ke depan ini mah… Rossi juga tidak mau kalah dari Crutchlow. Posisinya terus merangkak naik dari posisi 14 selepas start.

Di lap 17 Crutchlow akhirnya telah menjadi pembalap terdepan. Dia sukses overtake Iannone. Rossi naik ke posisi 4 menyalip Marquez. Saat Crutchlow makin nyaman dengan RC213V di depan, Rossi juga sudah di posisi kedua pada lap 19. Gap Rossi dan Crutchlow sekitar 4,7 detik. Melebar menjadi lebih dari 6 detik di lap ke-20. Akhirnya lap 21 posisi 1-2-3 menjadi Crutchlow-Rossi-Marquez. Posisi yang bertahan hingga bendera finish berkibar.

Sebuah kemenangan fantastis bagi Crutchlow. Kemenangan pertama pembalap Inggris setelah Barry Sheene tahun 1981 silam alias 35 tahun yang lalu. Seperti sebuah takdir, nomor motor Crutchlow saat ini adalah 35. Klop bukan? Selamat!!!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Koleksi Blog yang Membahas MotoGP Brno 2016 | Mercon Motorâ„¢

Comments are closed.