Cal Crutchlow, Si Nomor 35 Setelah 35 Tahun Barry Sheene!

Start dari posisi 10 tidak menghalangi Cal Crutchlow mencetak sejarah di MotoGP Czeska 2016. Menggunakan ban berbeda dengan mayoritas pembalap lain di lintasan basah, Crutchlow sukses besar menaklukkan pembalap favorit juara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Crutchlow memenangi balapan kelas premier pertamanya sepanjang karirnya di MotoGP. Selain catatan pribadi itu, Crutchlow juga mencatat sejarah bagi negerinya, Inggris.

Inggris memang tidak sementereng Italia atau Spanyol dalam hal prestasi di kancah balap MotoGP. Namun, dibalik prestasi semenjana itu, masih ada pembalap Inggris yang berhasil mencuri kemenangan di kelas premier. Hal itu terjadi tahun 1981 alias 35 tahun silam di Sirkuit Anderstop di kelas premier 500 cc dalam Grand Prix Swedia. Pembalap itu bernama Barry Sheene.

Barry Sheene

Di seri ke-11 dari 11 seri balap musim itu, Barry Sheene sukses menjadi pemenang mengalahkan pembalap yang tengah bersaing ketat menuju juara Randy Mamola (USA) dan Marco Lucchineli (Italia). Dan itu adalah satu-satunya kemenangan Sheene musim itu. Di klasemen akhir Barry Sheene menduduki posisi keempat dengan 72 poin. Sedangkan juara akhirnya diraih pembalap Italia, Lucchineli mengalahkan Mamola.

Cal Crutchlow si nomor 35

Cal Crutchlow kalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez di Brno 2016

Sejarah 35 tahun itu akhirnya kembali terulang di Brno, Rep. Czeska. Akhirnya Inggris kembali punya pembalap juara kelas premier lagi. Cal Crutchlow sukses memenangi GP Czeska mengalahkan favorit juara Marc Marquez di posisi ketiga dan Valentino Rossi runner up. Uniknya lagi, nomor motor Crutchlow saat memenangi GP Czeska adalah 35! 35 tahun menunggu untuk kemenangan motor nomor 35. Sebuah takdir yang memang sudah digariskan.
Prestasi tertinggi Cal Crutchlow sepanjang karirnya di kelas Premier hanyalah runner up. Sejak berkarir di MotoGP tahun 2011, Crutchlow setidaknya sudah 3 kali finish menjadi runner up yakni tahun 2013 saat masih bersama Yamaha Tech 3 di GP Prancis dan GP Jerman dan tahun ini di GP Jerman. Kemenangan di Brno merupakan kemenangan pertama Crutchlow sepanjang karir balap MotoGP.

Karir Cal Crutchlow di MotoGP:
2011 – 2013 : Yamaha Tech 3
2014 : Ducati
2015 – sekarang : LCR Honda

Prestasi Terbaik Cal Crutchlow sejak 2011:
2011 – finish ke-4 di Valencia, Rookie of The Year
2012 – finish ke-3 di Czeska dan Australia
2013 – finish ke-2 di Prancis dan Jerman, finish ke-3 di Italia dan Belanda
2014 – finish ke-3 di Aragon
2015 – finish ke-3 di Argentina
2016 – juara di Czeska, finish ke-2 di Jerman (musim masih berlangsung)

Credit: wikipedia

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.