Produk X vs Produk Non X, Blok X vs Blok Non X… Peraaaang!!!

Tergelitik juga untuk nulis uneg-uneg ini. Topiknya masih dari bahasan utama blog ini, otomotif, wa bil khusus roda dua alias motor di jagad blogsphere. Menarik sebab seolah-olah berkembang gerakan (baca opini) yang cukup banyak namun mengerucut ke dua hal, pro X dan tidak pro X. Kepentingan masing-masing bisa saja berbeda, namun yang jelas jika brosis jeli mereka sebenarnya saling perang lho, perang pakai tanda kutip. Perang apa sih?

“Perang” opini dong, kan via tulisan baik artikel maupun komentar. Apakah semua gara-gara amplop atau banner? Bisa iya, bisa juga tidak iya.

Di golongan blok X, opini terus digelontorkan ke publik berbagai keunggulan produk yang “dibelanya”. Cerita bagian per bagian detil si produk diulas lengkap dengan visual grafis dinamisnya, sebut saja video. Satu produk bisa banyak artikel. Bahkan, kalau perlu keunggulan penutup pentil ban pun harus diulas dengan rinci dan detil disertai bukti penguat rekaman pentil eh penutup pentil. Bisa muter 1000° misalnya, anti karat misalnya atau bahkan anti maling kalau perlu juga dimasukkan. Intinya, the product is awesome and very very recommended untuk dipinang, walaupun belum dijual haghaghaghag… #eh

Sambil lalu memprofilkan si produk setinggi mungkin, blok ini juga ikutan membahas kompetitor. Tentu saja dengan gaya bahasa yang santun, subtle satire alias sindiran halus, dan meninggikan value tuh produk. Lho, koq kompetitor dibela juga? Eits… Kan punya dua kaki, jadi satu di sini satu di sana. Kali aja si kompetitor mau mengendorsenya juga, who knows?

Informasi yang disajikan bisa dibilang sangat lengkap dan seolah-olah “inilah motor bagus yang bisa menyaingi produk si onoh”. Pokoknya, impresinya dapat deh plus sangat informatif. Termasuk juga dari saking informatifnya konsumen juga diberi pandangan “baru” bahwa selain produk kompetitor bagus, ternyata ada sisi lain yang harus diketahui yakni soal perawatan yang konon katanya masuk kategori high class. Wow… Motor murah koq perawatannya mahal, piye jal?

Konsumen dibuat bingung, “kemarin si ono nulis produk itu bagus, hari ini koq kesannya seolah-olah jangan deh, hariannya mahal”, piye iki?

Gak kepiye-piye sih, apa yang disampaikan blok X itu memang benar. Produk kompetitor memang bagus, tapi biaya perawatannya mahal. Tapi ada yang kurang, ternyata biaya perawatan itu merupakan informasi lawas. Gebrakan terkini dari si kompetitor tidak disampaikan bahwa produk turun harga, banting malah, masa iya komponen-komponen perawatannya juga gak bakal turun. Dan itu pun sudah dikonfirmasi langsung ke pihak tersebut bahwa memang benar harga harian akan ikut turun.

Belum lagi yang sangat getol berkomentar di jemuran-jemuran kalau menyinggung soal kompetitor X, komentar yang cenderung emosional.

Nah, apa dong yang harus saya lakukan, misal brosis bingung dengan info-info tersebut? Mudah saja, silahkan brosis pantengin blog-blog lain dengan tag informasi yang sama, baca baik-baik info yang diberikan si blogger. Walau mungkin saja blogger tersebut bukan kelas rooftop, tapi silahkan lihat dan simak baik-baik sumber dan keakuratan infonya. Ingat, jangan hanya menelan informasi dari satu sisi saja ya, perbanyak referensi.

Lalu, bagaimana dengan aktivitas blon non X? Jelas dong, mumpung ada produk bagus segera dielu-elukan. Dicari terus sisi kehandalan si produk. Termasuk build quality, made in nya mana, fitur-fitur, desain hingga price positioning. Hajar terus info si unggulan sampai menuh-menuhin reader wp. Padahal anggota non blok X itu boleh jadi punya brand favorit beda-beda, hanya satu kesamaannya… Tidak suka dengan produknya blok X. Musuh akan jadi kawan jika lawan yang dihadapi sama. Kira-kira begitu. Secara tidak sadar non blok X ini terbentuk sendiri.

Sebenarnya dengan “perang” itu, kita yang tidak memihak justru akan makin kaya info lho. Gak percaya? Ah ya sudahlah… Namanya juga uneg-uneg, abaikan saja yaaaa…

Advertisements

11 Comments

  1. itu tu blognya IWANBAKARAN dan PERTALITE7 …satu produk tapi artikelnya berseri (CBR250RR)
    liat aja blognya penuh dengan iklan H***A

Comments are closed.