Analisa Singkat Peluang Para Pembalap Unggulan Di MotoGP Inggris 2016

ktm indonesia

Akhir pekan ini sirkus MotoGP akan kembali hadir. Kali ini Sirkuit Silverstone, Inggris akan menjadi saksi bisu jagoan-jagoan balap top dunia kelas MotoGP akan beradu skill dan keberuntungan untuk menjadi yang terdepan. MotoGP Inggris kali ini merupakan seri ke-12 dari 18 rangkaian musim 2016. Bagi Silverstone sendiri ajang MotoGP tahun ini menjadi yang ketujuh sepanjang sejarah kelas MotoGP atau ke-17 sejak pertama kali diselenggarakan tahun 1977. Lalu, bagaimana peluang para pembalap di GP Inggris musim ini? Simak rangkumannya berikut ini.

Silverstone ditunjuk kembali menjadi penyelenggara balap MotoGP tahun 2010 setelah selama 23 tahun absen. Di periode kedua ini nama Jorge Lorenzo mencuat menjadi yang paling sering juara di sirkuit sepanjang 5,9 km ini. Sudah 3 kali Lorenzo sukses ngasapi lawan-lawannya di Silverstone yakni tahun 2010, 2012 dan 2013. Sisanya dibagi rata masing-masing sekali oleh Casey Stoner (2011), Marc Marquez (2014) dan Valentino Rossi (2015). Lalu, siapa yang akan juara tahun ini?

Jorge Lorenzo Favorit

Lorenzo jelas menjadi favorit. Kemampuannya menaklukkan Silverstone sudah terbukti dengan koleksi 3 kemenangan. Apalagi setelah hasil buruk di Brno pekan lalu, Lorenzo bertekad membalas hasil minor itu di Silverstone. Motivasi mengejar ketertinggalan 59 poin dari Marquez di puncak dan 9 poin dari Rossi akan memuncak. Kebetulan, sirkuit yang akan dihadapi adalah sirkuit favoritnya. 

Namun, ambisi Lorenzo di Silverstone bisa saja terganjal faktor non teknis, cuaca. Benar, cuaca yang sulit diprediksi di Silverstone menjadi kendala terbesar Lorenzo. Bahkan, jika hujan turun dan balapan dideklarasikan sebagai wet race, bisa jadi peluang juara Lorenzo akan habis. Di musim ini sudah 3 kali balapan berlangsung dalam kondisi basah dan hasilnya finish terbaik Lorenzo adalah ke-10!
Marc Marquez Waspadai Cuaca

Bahkan seorang Marc Marquezpun sangat mewaspadai perubahan cuaca yang kerap kali terjadi di Silverstone. Bagi Marquez, kendala terbesar akhir pekan ini adalah cuaca. Ia mengaku sering kesulitan dengan perubahan cuaca yang mendadak dingin atau hujan. Selain Lorenzo, Marwuez juga sangat menyukai sirkuit dengan 18 tikungan ini.
Sejak melakoni debut MotoGP 2013, Marquez selalu finish 2 besar, kecuali tahun lalu dimana dirinya gagal finish akibat terjatuh di lap terakhir.

“Silverstone adalah tempat di mana cuaca secara umum cukup tidak dapat diprediksi, artinya hawa dingin dan hujan adalah variabel yang harus siap-siap dihadapi. Kami telah menghadapi sejumlah situasi yang campur aduk lebih dari sekali pada tahun ini, dan kami tahu betapa pentingnya untuk tetap fokus dan membuat keputusan yang tepat. Kita akan lihat apa yang terjadi selama akhir pekan dan kami akan mencoba mengatasi situasinya dengan mindset yang sama yang sudah membawa kami sejauh ini,” ujar Marquez saat ditanya tentang Silverstone.

Marquez musim ini tampak lebih dewasa di atas lintasan. Kemenangan dengan resiko terjatuh atau kehilangan poin tidak lagi menjadi harga mati. Poin di klasemen lebih menjadi prioritas demi gelar juara. Sebuah sikap yang membuatnya memimpin 53 poin dari Valentino Rossi di posisi kedua.

Valentino Rossi Coba Ulang Memori Tahun Lalu

Sementara itu, Valentino Rossi mengaku telah siap untuk mengulang kesuksesan musim lalu. Bertarung gigih dengan Marquez hingga akhir lomba, Rossi berhasil finish terdepan dengan Marquez yang ndlosoor. Peluang Rossi menaklukkan lawan-lawannya di GP Inggris tahun ini cukup terbuka lebar.
Mengacu pada penampilan the doctor di seri sebelumnya di Brno, Rep Czeska serta keberhasilannya tahun lalu nama Rossi layak untuk dimajukan sebagai kandidat pemenang tahun ini.

Rossi jelas sangat berkepentingan dengan kemenangan di Silverstone musim ini. Posisi klasemen yang berada di bawah Marquez serta masih dikejar-kejar Lorenzo di belakangnya, tambahan 25 poin sebagai pemenang sangat dibutuhkan jika masih ingin memelihara asa juara dunia ke-10. Rossi punya gap poin 53 dari Marquez dan 6 poin dari Lorenzo di belakangnya. Sebuah kondisi yang memaksa Rossi harus terus tampil optimal tanpa kedalahan di sisa musim, termasuk di Silverstone.

Target Utama Dani Pedrosa

Satu lagi pembalap yang masih sangat ditunggu penampilan meledaknya adalah Dani Pedrosa. Musim ini nama Pedrosa jarang sekali dibahas sebagai kandidat juara. Penampilan inkonsisten dan cenderung menurun dibanding musim lalu dalam 11 seri menjadikan pembalap alien ini tenggelam. Bahkan, nama Pedrosa masih kalah tenar dari Jack Miller atau Cal Crutchlow yang maaing-masing sudah merasakan manisnya podium puncak.

Prestasi terbaik Pedrosa musim ini hanyalah dua kali naik podium ketiga di Argentina dan Catalunya. Selebihnya cukup menyedihkan untuk ukuran pembalap yang masuk kategori pembalap alien. Ketika tiga alien lainnya (Rossi-Marquez-Lorenzo) berlomba-lomba finish terdepan, Pedrosa justru bertarung di barisan tengah dengan pembalap-pembalap medioker lainnya.

Pedrosa sendiri mengaku siap dan optimis dengan GP Inggris musim ini. Modalnya adalah hasil tes Brno pekan lalu. Pedrosa menyebut sudah menemukan ide untuk mengatur kecepatan motornya kala melakukan uji coba di Sirkuit Brno. Sama dengan Marquez, Pedrosa juga menyebut faktor cuaca akan menentukan jalannya lomba. Pemilihan ban menjadi krusial. Target si little spaniard kali ini adalah mengembalikan kepercayaan dirinya.

“Tujuan utama saya saat ini adalah mengembalikan kepercayaan diri. Usai uji coba di Brno saya menemukan beberapa ide untuk settingan motor agar lebih cepat di balapan berikutnya,” kata Pedrosa mengutip Crash, Rabu (31/8).

Ducati Mengancam

Selain empat nama pembalap di atas, jangan lupakan juga tim yang masih dalam euforia kemenangan perdana, Ducati. Melalui Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, Ducati siap mengulangi hasil manis di Red Bull Ring, Austria beberapa pekan lalu. Kemenangan kedua musim ini masih terus dikejar oleh tim merah asal Italia itu. Kebetulan, Silverstone yang merupakan salah satu sirkuit cepat cocok dengan performa Desmosedici GP16.

Kita tunggu saja MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini dimulai Jumat (2/9) dengan sesi latihan bebas pertama dan kedua hingga race yang akan dilangsungkan Minggu (4/9) pukul 19.00 wib. Siapa jagoanmu, bro?

Contact me on:
Whatsapp +628 77 1 2727 000
Email karis.nsz@gmail.com
Instagram @karismapr
Twitter @karismapr
LinkedIn Karisma Perdana

Advertisements