Race Gila MotoGP Inggris 2016: Vinales Menang, Crutchlow & Rossi Podium!

ktm indonesia

Maverick Vinales juara MotoGP Inggris 2016

Artikel ini benar-benar telat publish broooMaafkeun ya. Sebenarnya sudah diketik pasca race “gila” MotoGP Inggris usai beberapa menit setelahnya. Memang belum selesai, tapi sudah 70% lah. Lah, ternyata ada titah menteri keuangan untuk segera melipir ke ATM buat transfer tunai saat itu juga, bisnis kecil-kecilan bro. Syeemm… Berangkat, transfer, pulang, pegang hape, siap-siap menyempurnakan artikel, tiiiiitt…… Moro-moro jam 4.30 wib. Ketiduran broooo….. Alhamdulillah masih bisa merasakan nikmatnya tidur heuheuheu….. Yo wis, tak edit lagi artikel ini menjadi ada pembuka seperti yang brosis baca sampai di kata ini. Oke, lanjuuutt…

MotoGP Inggris merupakan seri ke-12 dalam rangkaian 18 seri di musim balap 2016 ini. MotoGP musim ini boleh dibilang musim balap paling berwarna jika dilihat dari nama-nama pemenang seri. Bayangkan, hingga seri ke-11 Brno lalu sudah ada 6 (enam) nama pembalap yang sudah merasakan manisnya podium 1. Tiga nama seperti Marc Marquez, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo anggap saja sudah biasa menang. Namun, tiga nama berikutnya siapa yang pernah membayangkan akan menang. Jack Miller, Andrea Iannone dan terbaru di Brno ada Cal Crutchlow yang sukses senyum lebar di podium tertinggi. Terima kasih Dorna atas aturan ECU seragam dan ban anyar Michelin yang membuat balapan MotoGP hidup lagi.

Lalu, bagaimana dengan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone kali ini? Seruuu…!!!

Sebelum race Minggu (4/9) digelar, pada latihan bebas ada nama-nama Andrea Iannone, Marc Marquez dan Maverick Vinales yang sangat konsisten di depan. Ditambah Rossi, Lorenzo dan Crutchlow yang terus merengsek memperbaiki best lap time masing-masing. Dan, benar saja nama-nama itulah yang menjadi pemeran utama dalam balapan yang berlangsung selama 20 lap itu.

Actually, balapan sesungguhnya terjadi dalam 19 lap. Lap pertama menjadi milik dua pembalap yang terlibat kecelakaan hebat, Loris Baz dan Pol Espargaro. Alhasil, akibat insiden tersebut start harus diulang dengan komposisi start sama dengan hasil kualifikasi. Crutchlow di depan, disusul Rossi dan Vinales. Nama terakhir sempat melesat di start pertama. Tanda akan menjadi kambing hitam?

Selepas restart, Crutchlow langsung gaspol. Rossi dan Vinales tidak mau ketinggalan juga segera geber kenceng M1 dan GSX-RR nya. Edun… Tuh motor kenceng-kenceng banget ya. Jelang akhir lap pertama, Rossi harus rela posisinya direbut calon tandemnya di Yamaha musim depan, Vinales. Tak butuh waktu lama, Vinales akhirnya menjadi pembalap paling depan usai menyalil Crutchlow. Marquez mulai unjuk gigi. Usai puas di tempat keempat, Marquez segera beraksi menyalip Crutchlow dan Rossi untuk tepat di belakang Vinales. Tikungan kedelapan Scott Redding terjatuh, harapan mendulang poin di depan pendukungnya sirna.

Balapan makin seru. Lap ketiga gap Vinales dengan Marquez di tempat kedua nyaris 2 detik. Anak muda Spanyol ini memang luar biasa. Yang satu makin kencang, satunya makin matang di sebuah kompetisi. Vinales nampaknya lunya kans untuk posium nih. Kecepatan dan konsistensi lap timenya mantabs. Sementara itu, Rossi akhirnya mulai menapak ke depan. Posisi kedua menjadi miliknya di lap ketujuh usai overtake Marquez dan Crutchlow.

Selain Vinales yang kunceng banget, Crutchlow nampaknya juga tidak mau kalah. Booster kemenangan di Brno plus tampil di kampung sendiri menjadi energi sendiri bagi si Englishman #35 itu. Lap kesepuluh, Crutchlow segera naik ke posisi tiga usai menyalip Marquez. Vinales makin anteng di depan. Sementara itu Andrea Iannone mulai naik ke posisi lima menggeser Dani Pedrosa. Iannone makin edun di lap berikutnya setelah overtake Marquez dan Crutchlow untuk menempati posisi ketiga di belakang Rossi dan sang pemimpin Vinales. Lap 12 Iannone makin garang. Posisi kedua sudah menjadi miliknya usai menyalip Rossi. Heemm… Sepertinya Iannone benar-benar akan fight dengan Vinales di depan nih. Namun, sayang prediksi RA ambyar… Tak lama usai menyalip Rossi, Iannone malah nyari batu akik alias ndlosor di gravel. Modiaarr… Eman e reekkkk… Juara Assen itu akhirnya hanya menyelesaikan 12 lap Silverstobe saja. Napsu sih…

Nah, pertarungan paling seru mulai terjadi di lap-lap akhir. Pelakunya Marquez vs Crutchlow dan vs Rossi. Pertarungan Crutchlow vs Marquez menjadi penentu hasil akhir. Sempat menyalip Crutchlow di trek lurus, Marquez membuat kesalahan dengan melebar saat memasuki tikungan cepat. Asa merebut posisi kedua pupus, bahkan Marquez harus terlempar ke posisi 5 di belakang rekannya, Pedrosa. Melebarnya Marquez berkah bagi Rossi yang sepertinya pasrah di posisi keempat. Suntikan hoki membuat Rossi naik ke posisi tiga. Sempat berusaha direbut kembali posisinya oleh Marquez, bahkan duel keduanya menjadi keras akibat sering bersenggolan, akhirnya Rossi berhasil mempertahankan posisi ketiga.

Saat bendera finish dikibarkan Maverick Vinales melihatnya lebih dulu dibanding pembalap lain. Vinales merebut kemenangan di Inggris, kemenangan pertamanya sebagai pembalap di kelas premier plus kemenangan pertama pertama bagi Suzuki setelah 2007 Chris Vermeulen melakukannya di Le Mans. Vinales dan Suzuki berpesta. Finish kedua menjadi milik pembalap tuan rumah yang memang sangat impresif kahir pekan ini, Cal Crutchlow. Podium terakhir akhirnya menjadi milik Valentino Rossi. Sebuah hasil yang lumayan bagi Rossi yang sempat khawatir dengan trek kering. Posisi keempat menjadi milik Marc Marquez, hasil yang tidak buruk-burk amat jika melihat papan klasemen. Kelima menjadi milik Dani Pedrosa. Sedangkan Jorge Lorenzo hanya kedelapan.

Menjelang balapan berakhir, Marquez terlibat persaingan sengit dengan Crutchlow untuk memperebutkan posisi kedua. Meski sempat menyalip Crutchlow di trek lurus, namun Marquez membuat kesalahan saat memasuki tikungan cepat yang membuatnya melebar dan posisinya melorot ke urutan kelima.

Podium MotoGP Inggris 2016

pic. @motoracefeed

Maverick Vinales yang memang sejak awal memimpin balapan akhirnya berhasil menyentuh garis finis pertama dan membawa Suzuki meraih kemenangan pertamanya. Posisi kedua ditempati oleh Cal Crutchlow, dan Valentino Rossi melengkapi podium ketiga di Silverstone.
Contact me on:
Whatsapp +628 77 1 2727 000
Email karis.nsz@gmail.com
LinkedIn Karisma Perdana
Facebook Karis Mauyy

Advertisements

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Komentar Cal Crutchlow Tentang Podium Beruntunnya di Silverstone, Harapan Di Misano! | rideralam.com
  2. Jelang MotoGP Australia 2016: Suzuki Bersiap Kehilangan Keistimewaan Jika Podium Lagi! | rideralam.com

Comments are closed.