MotoGP San Marino 2016 Kedatangan 3 Pembalap "Debutan", Siapa Saja? 

MotoGP seri ke-13 di Sirkuit Marco Simoncelli Misano, San Marino akan menjadi panggung bagi pembalap baru. Redaksi mencatat setidaknya ada 3 pembalap baru dengan status pengganti sementara pembalap reguler yang absen karena cedera. Kita simak yuk siapa saja mereka…

Ketiga pembalap memiliki latar belakang kompetisi yang agak berbeda. Ketiganya adalah Alex Lowes, Michele Pirro dan Javier Torres.
Alex Lowes
Adik dari Sam Lowes, pembalap Moto2 yang musim depan akan naik ke MotoGP, ini akan menjalani “debut” MotoGP nya yang kedua di Misano. Lowes telah menggantikan pembalap Yamaha Tech 3 Bradley Smith yang cedera di Austria lalu di Seri Inggris tepatnya di Silverstone. Menunggangi motor Yamaha M1 yang sama sekali beda dengan motor massal Superbike, Lowes bisa finish ke-13 alias mendapat 3 poin. Hasil yang cukup baik mengingat latar belakang kompetisinya di Superbike.

Di Misano kali ini Lowes akan start dari posisi 14 unggul dari pembalap-pembalap kenyang pengalaman seperti Danilo Petrucci, Jack Miller, Eugene Laverty, dll. Kita tunggu saja akan berada di mana posisi Alex Lowes saat race berakhir beberapa jam ke depan ini.
Michele Pirro
Ducati punya pembalap cadangan berkualitas tinggi pada sosok Michele Pirro. Musim lalu Pirro beberapa kali mencicipi balapan MotoGP menggantikan Danilo Petrucci. Ducati tidak salah kembali menunjuk Pirro untuk menggantikan pembalap utama mereka yang tengah cedera usai crash di FP2 Jumat, Andrea Iannone.

Dengan motor Desmo lawas saat gantikan Petrucci saja bisa dimaksimalkan, apalagi mendapat motor gress Desmo GP16 Iannone. Pirro membayar kepercayaan Ducati dengan lolos ke kualifikasi kedua dan sukses menempati posisi kelima saat start nanti. Kita tunggu saja kejutan Pirro di Sirkuit kampung halaman saat race nanti.
Javier “Xavi” Fores
Satu lagi pembalap Superbike yang berkesempatan jajal motor prototype MotoGP. Dia adalah pembalap Spanyol berusia 30 tahun Javier “Xavi” Fores. Fores adalah pembalap Ducati di Superbike dengan motor “operasional” Ducati Panigale. Fores mendapat kesempatan debut di MotoGP setelah Avintia Racing menunjuknya untuk menggantikan pembalap mereka yang cedera Loris Baz.

Perbedaan spek motor antara Superbike dan MotoGP membuat Fores harus cepat beradaptasi. Ia mengaku tidak punya beban menghadapi Seri Misano. Akan menikmati perannya sebagai pembalap pengganti. Di kualifikasi Misano Sabtu (10/9) kemarin Fores hanya berada di posisi buncit dengan best lap time 1:35,161 detik lebih lambat sekitar 2,102 detik dari pole Jorge Lorenzo. Apakah Fores akan membuat kejutan di Misano?

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Michele Pirro: Setia Sebagai Test Rider, Siap Kapanpun Jadi Pembalap Pengganti! | rideralam.com

Comments are closed.