MotoGP San Marino 2016: Pedrosa Menggila, No Podium For Marquez!

Race MotoGP San Marino di sirkuit Marco Simoncelli Misano bertepatan dengan kumandang takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1437 H di masjid-masjid sekitar kediaman RA, Minggu (11/9). Memang tidak ada hubungannya, MotoGP San Marino kali ini menyajikan perjuangan hebat seorang Dani Pedrosa. Tidak hanya rekan setim yang dilibas, sang rival pun ikutan terkesima dengan performa #26. Pedrosa akhirnya menjuarai MotpGP San Marino 2016.

Start dari baris ketiga tepatnya di posisi ke-8, Pedrosa mengawali balapan dengan normal-normal saja. Masih “terjebak” di rombongan pembalap papan tengah ketika Rossi-Lorenzo-Marquez dan Vinales melaju di depan. Namun, perlahan tapi pasti lap time Pedrosa makin tajam seiring bertambahnya putaran lomba. Namun, di depan masih dikuasai Rossi-Lorenzo-Marquez.

Pertengahan lomba Pedrosa mulai menyerang. Posisi 5 berhasil direbut di lap 10. Satu lap kemudian sudah ada di posisi 4. Bertarung dengan sang teammate, Marquez, penampilan Pedrosa sama sekali tidak mengendur. Marquez kali ini harus mengakui kecepatan Pedrosa dan “membiarkannya” menyalip dirinya di lap 13. Sasaran tembak selanjutnya adalah Jorge Lorenzo di posisi kedua.

Sama dengan Marquez, pace Pedrosa jauh lebih cepat dari Lorenzo sehingga hanya masalah waktu untuk menyalipnya. Dan benar saja, setelah bertarung sekitar 2-3 lap akhirnya Lorenzo takluk. Pedrosa sudah siap mengejar pimpinan balap, Valentino Rossi. Lagi-lagi pace Pedrosa lebih cepat dari Rossi. Namun, Rossi jelas tidak akan menyerahkan tahta dengan mudah.

Namun, perjuangan Rossi menahan serbuan Pedrosa nampaknya hanya berefek menunda saja, sulit untuk menghadang lebih lama. Dan, akhirnya di sisa 6 lap dari 28 lap yang dilombakan, Rossi tak kuasa juga menahan Pedrosa. Pedrosapun melaju dengan makin kencang di depan. Hingga last lap gap #26 dengan #46 membengkak lebih dari 2 detik. Akhirnya, Dani Pedrosa merebut kemenangan pertamanya musim ini di kandang Rossi. Rossi tetap bahagia di posisi kedua. Senang karena bisa naik podium, senang pula karena Marquez gagal podium.
Yup, Pedrosa-Rossi-Lorenzo mengisi slot podium 1-2-3 di San Marino musim ini. Sedangkan Marquez di posisi keempat, tidak terlalu buruk dengan hanya tereduksi 7 poin dari Rossi di klasemen sementara. Kemenangan Pedrosa juga makin menunjukkan ketiadaan dominasi pemenang di MotoGP musim ini. Dari 13 seri yang sudah usai ada 8 nama pemenang di dalamnya, terbaru adalah Dani Pedrosa.

Hasil MotoGP San Marino 2016:
1. Pedrosa
2. Rossi
3. Lorenzo
4. Marquez
5. Vinales
6. Dovizioso
7. Pirro
8. P Espargaro
9. Crutchlow
10. Bautista
11. Petrucci
12. Bradl
13. Barbera
14. Laverty
15. Redding
16. Hernandez
17. Rabat

DNF
A Espargaro
Fores
Lowes

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Koleksi Blog yang Membahas MotoGP Misano 2016 | Mercon Motor™

Comments are closed.