Kemenangan Pedrosa & Rekor Juara Seri MotoGP Sejak 1949!

MotoGP San Marino 2016 menghadirkan Dani Pedrosa sebagai pemenang. Pedrosa merupakan pembalap kedelapan yang berhasil mencatatkan diri sebagai pemenang seri MotoGP musim ini. Dan ini adalah rekor bagi MotoGP sejak 1949.

Dalam balapan di Misano, Minggu (11/9) Pedrosa sukses menundukkan jagoan tuan rumah Valentino Rossi untuk meraih kemenangan pertamanya musim ini. Kemenangan pertamanya sejak Sepang tahun lalu dan kemenangan ke-29 sepanjang karirnya.

Keberhasilan Pedrosa memunculkan rekor baru MotoGP dari sisi jumlah pembalap yang memenangi seri dalam satu musim. Seperti disebut di atas, Pedrosa merupakan pembalap kedelapan yang mencatatkan kemenangan musim ini.

“Kemenangan Pedrosa menandai delapan pemenang berbeda di 2016, sebuah pencapaian yang baru sekali terjadi sejak kejuaraan ini dimulai pada 1949. Dan ia melakukannya dari posisi start delapan,” sebut laman resmi MotoGP.

Lorenzo awali rekor MotoGP sejak 1949 di Mugello
Valentino Rossi mendominasi Catalunya

Rangkaian delapan kemenangan dari delapan pembalap berbeda dimulai di seri keenam Mugello, Italia. Kala itu Lorenzo yang berhasil memuncaki balapan. Berlanjut di seri berikutnya di Catalunya, giliran Valentino Rossi yang melakukannya. Seri kedelapan berlangsung di Assen, Belanda. Muncul kejutan spesial dari sosok Jack Miller. Balapan hujan membawa pembalap Australia itu berdiri di podium tertinggi setelah start dari posisi 19!

Kejutan Jack Miller di Assen, Belanda
Marquez kuasai Sachsenring

Marc Marquez tidak mau kalah. Di Sachsenring, Jerman Marquez sangat mendominasi sejak latihan bebas dan mengakhiri race di posisi pertama. Rangkaian pemenang berbeda berlanjut ke seri Red Bull Ring, Austria. Ducati yang menunggu kemenangan sejak 2007 akhirnya menuntaskan dahaganya berkat kemenangan Andrea Iannone. Makin sempurna kala Dovizioso finish kedua. MotoGP Austria mutlak menjadi milik Ducati.

Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso dominasi Red Bull Ring Austria
Cal Crutchlow persembahkan kemenangan pertama bagi Inggris setelah 35 tahun di Brno

Setelah rehat selama 3 pekan, MotoGP memasuki seri kesebelas di Sirkuit Brno, Rep. Czeska. Lagi-lagi muncul nama berbeda sebagai pemenang. Berkat pemilihan ban yang tepat, Cal Crutchlow sukses memenangi balapan basah sekaligus menjadi kemenangan pertamanya sepanjang karir MotoGPnya. Kemenangan Crutchlow juga menjadi pelepas dahaga kemenangan pembalap Inggris setelah 35 tahun, sesuai dengan nomor motor Crutchlow, 35!

Maverick Vinales menang besar di Silverstone, Inggris dalam kondisi balapan normal

Kejutan terbesar terjadi di seri kedua belas di Sirkuit Silverstone. Disebut kejutan terbesar sebab race berlangsung dalam kondisi normal, tidak hujan. Biasanya dalam kondisi begini pemenang balapan tidak akan jauh dari nama-nama Rossi-Marquez-Lorenzo-Pedrosa, namun Maverick Vinales bersama Suzuki GSX-RR nya mampu membungkam semua prediksi. Bahkan, Vinales sejak start sudah tidak terkejar hingga garis finish dan unggul 3 detik lebih dari Crutchlow di posisi kedua.

Hingga akhirnya nama Dani Pedrosa menggenapi delapan nama pembalap yang telah memenangi seri MotoGP musim ini di sirkuit Marco Simoncelli Misano, San Marino mengalahkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Kita tunggu saja apakah rekor ini akan semakin dipertajam di 5 seri tersisa dengan hadirnya nama baru sebagai pemenang atau akan akan kembali seperti 5 seri awal musim ini dimana hanya ada nama Marquez-Lorenzo-Rossi yang muncul di daftar pemenang seri?

Contact me on:
Whatsapp +628 77 1 2727 000
Email karis.nsz@gmail.com
LinkedIn Karisma Perdana
Fanspage Facebook rideralam

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.