Lebih Lama Rossi Puasa Kemenangan, Namun Marquez Dalam Bahaya!

Terakhir Marc Marquez menikmati indahnya puncak podium di Sachsenring, Jerman Juli lalu. Selebihnya Marquez tidak hanya gagal menang di 4 seri beruntun namun juga hanya baru bisa sekali naik podium di Brno saat finish ketiga di belakang Crutchlow dan Rossi. Apakah Marquez sedang bermasalah?

Setelah memenangi seri kesembilan di Jerman, Marquez hanya bisa finish kelima di Austria, ketiga di Brno dan masing-masing keempat di Silverstone dan Misano. Beberapa pihak menyebut Marquez tengah mengalami masalah. Namun hal itu segera dibantah pembalap Spanyol berusia 23 tahun itu.

Marquez menganggap dirinya tidak sedang dalam masalah. Ia menyebut hanya kekurang-beruntungan tengah menghinggapinya saat di Silverstone dimana Ia punya kesempatan mendahului Rossi dan Crutchlow namun justru melebar. Sedangkan di Misano Ia memang mengakui sangat sulit untuk menang di sirkuit Marco Simoncelli itu. Jadi, Marquez tetap menganggap dirinya tidak sedang dalam masalah.

Sebenarnya jika dibanding sang rival, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, paceklik kemenangan Marquez jauh lebih sedikit. Jika Marquez gagal menang di 4 seri beruntun, Rossi justru sudah 6 seri belum menang lagi pasca hasil fantastisnya di Catalunya. Lorenzo lebih lama lagi yakni 7 seri tanpa kemenangan usai melakukannya terakhir di Mugello, Italia. Khusus head to head dengan Rossi, walaupun lebih sering gagal menang, namun justru Rossi masih lebih baik dibanding Marquez.

Khusus di 4 seri terakhir capaian Rossi justru lebih baik dari Marquez. Jika Marquez hanya sekali podium, Rossi justru sekali tidak podium dari 4 seri terakhir. Masing-masing podium kedua di Brno dan Misano serta ketiga di Silverstone. Rossi hanya gagal podium di Austria kala hanya berada di posisi empat.
Alhasil, di klasemen raihan poin Rossi masih lebih baik dari Marquez di 4 seri terakhir.

Berikut grafiknya:

Red Bull Ring: Rossi 13 poin, Marquez 11 poin
Brno: Rossi 20, Marquez 16
Silverstone: Rossi 16, Marquez 13
Misano: Rossi 20, Marquez 13

Total: Rossi 69 poin, Marquez 53 poin

Tidak banyak memang kepotongnya, namun jika konsisten seperti ini dalam 5 seri terakhir, bukan tidak mungkin Marquez harus memastikan gelar juara hingga seri terakhir atau mungkin akan tergelincir di salah satu seri penutup misalnya. Saat ini gap keduanya adalah 43 poin. Dengan 5 seri tersisa masih ada total 125 poin yang bisa diperebutkan. Peluang masih terbuka, namun memang peluang Marquez masih lebih besar dari para rival termasuk Rossi. Tapi, lengah sedikit rival siap nyaplok! Hap!!!

Contact me on:
Whatsapp +628 77 1 2727 000
Email karis.nsz@gmail.com
LinkedIn Karisma Perdana
Fanspage Facebook rideralam

Advertisements

4 Comments

  1. semoga ga harus nunggu sampe Valencia agar ga ada lagi alasan “Konspirasi Spanyol” dan tidak ada lagi yg koar2 komen negatif ke salah satu rider karena merasa rider yg ia dipuja di”zalimi”

Comments are closed.