Yamaha Batal Tes Aragon, Mesin 2017 Belum Siap?

Ketika Honda dipastikan akan menguji coba mesin prototype 2017 di Aragon, sang rival Yamaha justru membatalkan keikutsertaannya di tes yang akan dilaksanakan usai seri ke-14 MotoGP Aragon.

Tes resmi MotoGP di Sirkuit Aragon sebenarnya akan diikuti oleh Yamaha seperti dilansir Motorsport, Selasa (20/9). Namun, dalam perkembangannya Yamaha akhirnya menarik diri dari tes tersebut. Kemungkinan besar karena Yamaha belum siap dengan motor 2017.

Yamaha baru akan menurunkan mesin 2017 nya di tes resmi terakhir musim ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia usai seri terakhir di sirkuit yang sama bulan November mendatang.

Sementara itu, Honda telah memastikan akan menurunkan mesin 2017 di Aragon bersama dua pembalap utamanya Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Nampaknya Honda tidak mau “kesalahan” di musim sebelumnya terjadi lagi dimana para pembalapnya terus mencari settingan yang pas sepanjang musim. Oleh karena itu, uji coba mesin baru harus sedini mungkin dilakukan agar data yang diperoleh bisa langsung dianalisa untuk pengembangan motor.

Apakah ini merupakan sinyal bahaya bagi Yamaha yang cenderung lebih lambat dari Honda dalam mempersiapkan musim lebih dini? Sedangkan, dengan kondisi “tidak fixed” musim ini saja mereka sudah bisa bertengger di puncak klasemen, apalagi kalau Honda siap sejak awal.

Advertisements