Fokus Keselamatan, Next Yamaha R15 Akan Dibekali Rem ABS


Next Yamaha R15 akan fokus ke safety alias fitur keamanan. New R15 V3.0 di India yang akan diluncurkan beberapa waktu lagi rencananya akan mengusung desain yang tajam dan fitur keselamatan yang akan menjadi prioritas.

Managing Director Yamaha Motor Research & Development India Pvt Ltd (YMRI) Yasuo Ishihara mengabarkan bahwa R15 V3.0 akan dibekali sistem pengereman ABS sebagai fitur standar. Maklum, di India sana ada aturan yang mewajibkan produsen motor menggunakan rem ABS untuk motor di atas 125 cc. Indonesia kapaaaan?

“R15 akan menjadi lebih baik di generasi berikutnya. Meski belum ada rincian spesifikasi yang bisa kami informasikan, tapi kami bisa menjamin bahwa aspek kinerja dan keselamatan menjadi fokus utama di R15 V3.0,” ujar Ishihara

Wew… Terkadang di Indonesia calon motor baru, apapun merknya, biasanya hanya masih bergelut dengan desain belum menyentuh sisi keamanan, khususnya sistem pengereman ABS. Apalagi untuk motor-motor di bawah 250 cc. Di sini lebih sering terbolak-balik. Motor yang seharusnya sudah dibekali rem ABS karena masuk kategori sport, malah hanya rem standar yang disediakan. Sebaliknya, ada motor non sport, sebut saja matik, yang notabene tidak sekencang sport di kelas yang sama malah sudah ber-ABS. Level keamanan motor di sini baru sebatas rem cakram depan belakang.

Melihat greget pemerintah India yang sudah mengatur hingga penggunaan piranti rem ABS pada motor di atas 125 cc, berarti mereka sudah concern dengan faktor keselamatan. Pemerintah di sini harus melihat itu sebagai contoh. Berani gak?

Advertisements