Daftar Juara MotoGP Aragon: Marquez 1, Rossi 0, Lorenzo 2!

MotoGP seri ke-14 musim ini akan dimulai di Sirkuit Aragon, Spanyol. Sejak pertama kali menggelar balap motor prototype ini tahun 2010 tercatat ada dua pembalap tersukses di sirkuit sepanjang 5,1 km ini, Casey Stoner dan Jorge Lorenzo. Keduanya sudah dua kali menaklukkan Aragon Motorland. Lalu, bagaimana dengan para rival? ?

Stoner menjadi pemenang di Aragon pada dua edisi perdana, sedangkan Lorenzo di dua edisi terakhir sebelum musim ini. Sepanjang 6 seri Aragon, selain Stoner dan Lorenzo ada dua nama lagi yang berhasil menaklukkan sirkuit dengan 10 tikungan ke kiri dan 7 ke kanan itu yakni Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Yup, tidak ada nama Valentino Rossi dalam daftar pemenang di Aragon.

Valentino Rossi Belum Pernah Menang

Prestasi tertinggi Rossi di Aragon “hanya” podium ketiga di tahun 2013 dan tahun lalu. Aragon bukanlah sirkuit favorit Rossi. Hal itu sudah diakuinya saat ditanya wartawan seputar seri Aragon.

“Sirkuit ini (Aragon) memiliki tikungan yang cepat dan pengereman yang keras, sehingga akan menjadi penting bagi saya untuk memiliki set-up motor yang baik dan sempurna. Saya sangat suka trek ini, meskipun ini bukan salah satu trek favorit saya, tapi kami akan mencoba untuk melakukan yang terbaik”.

Aragon Trek Favorit Marc Marquez

Berbeda dengan Rossi, Marquez justru menganggap Aragon adalah sirkuit favoritnya. Walaupun baru sekali menang, Marquez optimis masa suramnya di putaran kedua musim ini (belum pernah menang) akan berakhir di Aragon.

“Aragon merupakan sirkuit yang amat saya sukai lebih daripada Misano. Saya rasa cocok dengan gaya balapan saya”.

Jorge Lorenzo Sang Penguasa Aragon

Sementara itu, juara Aragon musim lalu Jorge Lorenzo siap kembali mempertahankan kemenangan di dua tahun terakhir di Aragon. Walau mengaku sirkuit ini tidak terlalu cocok dengan motornya, namun kemenangan di dua edisi sebelum ini sudah cukup membuktikan bahwa Lorenzo memang sangat kuat di sini. Tentu saja jika situasi dan kondisi seperti maunya.

“Sekarang saatnya GP Aragon. Lintasan di sini tidak pernah cocok sempurna dengan motor kami, tetapi dalam beberapa tahun terakhir kami bisa menang beberapa kali, jadi kamu tidak pernah tahu”.

Dani Pedrosa in a Good Mood

Juara Misano lalu, Dani Pedrosa nampaknya menjadi pembalap paling optimis jelang Aragon ini. Kemenangan pertamanya di Misano yang diraih secara spektakuler dengan menaklukkan tiga rivalnya sekaligus beruntun, Marquez-Lorenzo-Rossi, menghadirkan mood yang bagus di Aragon. Pedrosa bertekad meneruskan settingan dasar yang menbuatnya menang di Misano.

“Tentu saja kami datang ke Aragon dengan mood bagus. Banyak hal yang sudah mulai membaik pada beberapa balapan sebelumnya berakhir sempurna di Misano, dan kami bisa meraih hasil luar biasa”.

Pembalap Kesembilan? 

Jadi, siapa yang akan tersenyum paling lebar di Aragon akhir pekan ini? Empat nama di atas punya peluang terbesar, namun publik MotoGP juga tidak kalah antusiasnya menunggu orang kesembilan musim ini, orang yang bisa meneruskan tren delapan pemenang berbeda dalam delapan seri terakhir. Siapa dia?

Daftar Juara MotoGP Aragon:

Aragon 2010:
1. Casey Stoner (Ducati)
2. Dani Pedrosa (Honda)
3. Nicky Hayden (Ducati) 

Aragon 2011:
1. Casey Stoner (Honda)
2. Dani Pedrosa (Honda)
3. Jorge Lorenzo (Yamaha) 

Aragon 2012:
1. Dani Pedrosa (Repsol Honda)
2. Jorge Lorenzo (Yamaha)
3. Andrea Dovizioso (Yamaha Tech 3)

Aragon 2013:
1. Marc Marquez (Repsol Honda)
2. Jorge Lorenzo (Yamaha)
3. Valentino Rossi (Yamaha)

Aragon 2014:
1. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha)
2. Aleix Espargaro (Forward Yamaha)
3. Cal Crutchlow (Desmosedici)

Aragon 2015:
1. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha)
2. Dani Pedrosa (Repsol Honda)
3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha)

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam
LinkedIn Karisma Perdana

Advertisements

Comments are closed.