Gara-Gara Lampu Sein, BMW Recall Hampir 2000 Unit R NineT

“Hanya” gara-gara sinar lampu sein belakang yang geje alias gak jelas, BMW harus menarik hampir 2000 unit R NineT dari pasaran di Negeri Paman Sam.

Seperti biasa, badan keselamatan transportasi Amerika Serikat, NHTSA, melakukan tugasnya mengawasi dan menilai faktor keselamatan produk kendaraan khususnya roda dua yang beredar di pasar Amerika. Hasilnya, diketahui bahwa sejumlah 1.782 unit BMW R NineT harus direcall dengan alasan desain lampu belakang menghasilkan sinar yang buram dan tidak jelas sehingga membingungkan bagi pengendara di belakangnya.

BMW R NineT direcall (pic. autoevolution) 

NHTSA menyebut perakitan lampu sein belakang R NineT tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Federal Motor Vehicle Safety Standard nomor 108 sesuai dengan Badan Keselamatan Lalu Lintas AS.
BMW R NineT yang ditarik merupakan rakitan antara 27 November 2013 sampai 26 Januari 2015. Terlihat dari dokumen penarikkan, BMW akan memberi tahu para pemilik dan dealer BMW akan mengganti lampu sen belakang dengan bentuk yang lebih panjang secara gratis. Penarikan akan dilakukan mulai 21 Oktober 2016.

Heemm… Memang selalu menarik menyaksikan sepak terjang NHTSA ini. Mereka begitu concern membela konsumen dari kemungkinan celaka akibat produk kuda besi yang tidak sesuai standar keselamatan jalan raya negeri yang mereka buat. Mereka nyaris tidak takut dengan produsen-produsen yang memasarkan produknya di negerinya Barrack Obama itu. Gak peduli itu Honda, Yamaha, Kawasaki atau bahkan BMW sekalipun. Sehingga, konsumen di sana punya keberanian dan wadah untuk melaporkan sebuah produk jika dirasa membahayakan nyawa mereka saat dikendarai di jalan raya.

Andaikan negeri ini punya National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA)….

Credit: okezone, sindonews, asphaltandrubber, autoevolution

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam
LinkedIn Karisma Perdana

Advertisements