Oktober, Premium Turun Solar Naik

Yup, sesuai judul di atas pemerintah kembali akan mengevaluasi harga jual bbm jenis premium dan solar. Evaluasi triwulan menghasilkan sebuah keputusan bahwa premium akan turun dan solar sebaliknya. Berapa besarannya?

Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, mengungkapkan bahwa harga premium akan turun Rp 300/liter, sedangkan harga solar naik Rp 500-600/liter. Periode harga baru premium dan solar ini akan berlaku mulai 1 Oktober s.d. 31 Desember 2016. Berarti Oktober nanti harga Premium akan menjadi Rp 6.150/liter (Jatim Rp 6.250/liter) dan Solar menjadi Rp 5.650-5.760/liter.

Wiratmaja kemudian menjelaskan bahwa pemerintah memang tidak akan menahan perubahan harga premium dan solar. Hal inj bertujuan membiasakan masyarakat untuk dengan harga BBM yang fluktuatif sesuai mekanisme pasar. Dan formula serta komitmen pemerintah itu berlaku tiap 3 bulan.

Dan ternyata, masih menurut Wiratmaja, pemerintah sebenarnya surplus dengan subsidi solar sebab beberapa bulan lalu penetapan harga jualnya di atas harga jual pasar. Lho, koq tetap naik? Ternyata (lagi) surplus itu akan diselesaikan akhir tahun. Atau dengan kata lain harga solar di Januari 2017 nanti ada kemungkinan akan turun lagi, dengan syarat harga minyak dunia stabil seperti saat ini. Untuk premium, Wiratmaja menyebut harga jualnya sudah 11-12 dengan harga pasar.

Sebenarnya, kondisi ini agak disayangkan. Sebab gap harga premium dan pertalite serta pertamax akan kembali melebar. Program pemerintah agar rakyat beralih dari premium ke pertalite atau pertamax akan sedikit banyak terganggu. Harga premium makin murah membuat rakyat kembali meliriknya, kecuali pemerintah “sedikit bermain” dengan mengurangi stok distribusi premium atau dengan kata lain buat premium menjadi langka. Jahat tapi harus dilakukan, atau sekalian saja hapus.

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

1 Comment

  1. ntar kalo yang ngatur2 harga minyak dunia berulah, bakal melambung lagi tuh minyak dunia. BBM pada naik semua, rakyat kembali menjerit keras, indonesia krisis lagi, namun sayangnya kebanyakan masayarakat pada ignorent akan hal tsb.

Comments are closed.