Bukan 50 Ribu, Inilah Besaran Kenaikan Harga Rokok Oleh Pemerintah!

Gonjang-ganjing kenaikan harga rokok yang akhir-akhir ini ramai menjadi perbincangan dari obrolan warteg hingga kantoran akhirnya menjadi kenyataan. Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akhirnya mengumumkan kenaikan tarif cukai rokok untuk tahun 2017.

Kenaikan cukai dan juga harga jual eceran rokok ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 147/PMK.010/2016.

Namun, jika isu yang beredar selama ini bahwa harga rokok akan menjadi 50 ribu sampai 100 ribu Rupiah per-bungkus dipastikan tidak terjadi. Sri Mulyani menyebutkan kenaikan cukai rokok paling tinggi adalah sebesar 13,46% untuk jenis hasil tembakau Sigaret Putih Mesin (SPM). Jadi, jika misal harga sebungkus rokok saat ini 15 ribu Rupiah, maka besaran kenaikannya hanya sekitar 2 ribu Rupiah.

Bahkan, untuk jenis rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) golongan IIIB kenaikannya malah 0% alias tidak naik harga. Selain kenaikan tarif, juga kenaikan harga jual eceran (HJE) dengan rata-rata sebesar 12,26%

Sri Mulyani mengatakan sebelum memutuskan besaran kenaikan tarif dan harga jual eceran, pemerintah telah mengajak sejumlah stakeholder, baik pihak yang peduli dengan kesehatan dan lapangan pekerjaan, petani tembakau, maupun asosiasi pengusaha rokok, pemerintah daerah, yayasan dan universitas untuk bicara sebelum pemerintah mengeluarkan peraturan.

Dengan kenaikan cukai rokok ini, pemerintah menargetkan penerimaan cukai rokok sebesar 149,8 triliun, yang merupakan 10,01 persen dari total penerimaan perpajakan di tahun 2017. Kurang greget nih pemerintah, kalau memang mau penerimaan cukai meningkat kenapa hanya se

Tentu saja, kabar ini melegakan bagi para ahli hisap di negeri ini. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya hingga 50-100 ribu Rupiah untuk sebungkus rokok yang selama ini mereka takutkan. Cukup nambah 2 ribu Rupiah sudah bisa terus merasakan “kenikmatan” racun yang semakin hari semakin memenuhi relung-relung pembuluh darah di dalam tubuhnya.

Bersiaplah menyambut generasi muda baru ahli hisap, Indonesia!

Credit: jpnn

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements