Akui Tidak Laku, Ini Alasan Yamaha Belum Mau Segarkan R25

ktm indonesia

Tsunami pemberitaan Yamaha R25 di awal-awal kemunculannya sekitar 2 tahun lalu ternyata hanya efek sesaat. Hanya di awal-awal peluncuran saja R25 mendapat respon sangat bagus dari konsumen. Namun, seiring bergantinya kalender lembar demi lembar, penyerapan R25 oleh konsumen lokal makin menurun. Hingga saat ini rataan bulanan penjualan R25 hanya di angka 400-500 an unit. Jauh dari target di angka 3000-5000 unit. Yamaha R25 kurang diminati pasar alias kurang laku. Dan hal itu akhirnya diakui oleh Yamaha Indonesia.

Assistant General Manager Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur mengakui bahwa R25 tidak laku di dalam negeri. Oleh karena itu, pihaknya akan lebih fokus ke pasar ekspor yang ternyata penerimaan R25/R3 lebih bersahabat dibanding pasar lokal.

“Kita tetap optimis ya, meski di Indonesia enggak laku. Hanya (laku) beberapa ratus unit, tapi ekspornya bagus ke Eropa, Amerika dan Jepang,” kata Masykur saat ditemui di Kawasan Cempaka Putih, Jakarta, Jumat, 30 September 2016.

Sebagai catatan, sepanjang Januari – Agustus 2016 ini ekspor R25 ke beberapa negara dunia mencapai rata-rata 2.800 unit/bulan. Hampir 6 kali lipat pasar domestik. Boleh jadi, ini yang membuat Yamaha masih optimis dan percaya diri untuk belum memberikan penyegaran pada sport seperempat liternya itu.

Masykur mengaku Yamaha belum ada rencana melakukan refreshing product untuk R25. Atau jika memang akan dilakukan penyegaran paling cepat tahun 2017 nanti.
Jadi, dari pernyataan itu ada dua hal yang bisa kita ambil yakni R25 bukan lagi prioritas Yamaha untuk menambah marketshare lokal dan facelift R25 hanya akan dilakukan paling cepat 2017.

Jadi, buat yang berharap R25 akan bersolek seiring akan meluncurnya rival berat CBR250RR harapan brosis agak diabaikan nih. Maklum, R25 masih laris di luar negeri sono. Padahal, dengan harga termurah dibandingrival-rival seperempat liternya, R25 punya potensi untuk menjadi favorit pilihan konsumen. Sayang, hal itu tidak akan pernah terjadi jika fokus Yamaha tidak ke R25 lokal.

Credit: vivanews

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

5 Comments

  1. r25 culun modelnya, terutama fairingnya.
    niatnya dual layer tapi fail.
    tangkinya wagu.
    hugger swingarm minimalis.
    bahkan desainnya masih megang cbr lampu syempak.

Comments are closed.