Yamaha NVX Tanpa VVA? Waduh…

image

image

Spyshoot skutik (sebut saja) Yamaha NVX sudah nongol dengan sangat gamblang. Penampakan si kuda besi komplit dari segala sisi, overall cakep banget. Kabarnya NVX ini akan dilepas di pasar lokal dengan posisi di bawah NMax. Salah satu fitur NMax yang absen di NVX kabarnya adalah VVA (Variable Valve Actuation). Waduh… Benarkah?

Isu yang berkembang di jagad blogsphere roda dua tanah air menyebutkan bahwa NVX akan menggendong mesin yang sama persis dengan NMax. Itu berarti akan ada VVA sebagai poin plus di NVX. Namun, di salah satu grup facebook ada komentar salah satu akun yang dengan yakin menyebut bahwa NVX gak bakal pakai VVA.

Sebenarnya, sedikit berandai-andai agak disayangkan jika NVX hadir tanpa fitur VVA. Bukan apa-apa, salah satu kelebihan NMax yang membuatnya diburu konsumen ya fitur ini. Padahal, dari sisi desain NMax nyaris sama sekali tidak sporty, tidak racing look. Tapi, punya teknologi VVA yang bikin performa si kuda besi ngacir. Lha, ini NVX dengan desain shape sana-sini, sporty abis, racing look, lha koq bawa mesin “ala kadarnya”. Apanya yang mau dijual? #gellura

Namun, masuk akal juga jika NVX tidak menyandang teknologi VVA mengingat posisinya yang dikabarkan ada di bawah NMax. Jika kita lihat fitur-fitur yang disandang NVX, sebut saja misalnya suspensi belakang bertabung gas, mid display full lcd layar lebar, smartkey system hingga kaki-kaki yang lebih gambot nyaris semuanya di atas yang dimiliki NMax. Jika masih juga ditambah VVA koq rasa-rasanya kelasnya akan di atas NMax, walaupun rem belakang masih tromol.

Namun, jika NVX tanpa VVA lalu apa dong kelebihannya? Desain? Kalau satu ini sih subyektif sekali. Aerox yang katanya berdesain keren seperti dibilang banyak blogger, nyatanya ambles penjualannya. Atau Vario 150 yang desainnya tidak agresif, lebih ke elegan malah menjadi-jadi penjualannya. Fitur? Yamaha termasuk pelit (atau telat) membekali skutik-skutiknya dengan fitur yang memanjakan konsumen. Skutik Honda layak menjadi benchmark untuk urusan satu ini, khususnya Vario. Seharusnya sih NVX ini dibekali VVA sebagai nilai plus dibanding rivalnya. Abaikan saja positioning dengan NMax, toh gak sekelas.

image
Gak bisa selonjoran

Namun, terlepas dari semua itu bagi RA kelas NVX ini tidak sama dengan NMax. Faktor riding position, khususnya di pijakan kaki bagian depan (selonjoran mode on) menjadi pembeda utama. Jika NVX diproyeksikan akan head to head langsung dengan Vario 150, maka Yamaha kudu benar-benar serius menggarap sisi kenyamanan si Nouvo X ini, sebab itulah kelebihan dari rival yang selama ini nyaris tidak pernah disentuh Yamaha.

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

6 Comments

  1. VVA bukan fitur yang dicari2 lah emang konsumennya bakal ngerasain banget2 enggak lah, justru yang bikin ragu adalah ini kok rada sempit ya ruang dengkulnya….padahal kalo gede dan berat lumayan yang pake pasti bapak2 atau om2 atau cowok2 lha kalau dengkulnya nyaris mentok kaya si tester gitu ya gak jadi beli pasti….dah ada tulangnya bagian dengkul mentok walahhhh

  2. Aku yakin nvx bakal bawa fitur
    Udah jelas kan waktu video berdurasi 7 menit udah di semat kan kepada matic nvx bahwa dia akan membekali fitur vva . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*