Pengalaman Pertama Bayar Pajak NMax Di Samsat Keliling, Mudah Gak Pake Ribet!

semakin-merdeka-dari-angsuran-mahalNmax Genza.jpgKemarin RA mendapat pengalaman pertama bayar pajak Genza melalui Samsat Keliling Kabupaten Situbondo. Pertama kali bayar pajak NMax dan pertama kali di samsat keliling yang menggunakan mobil. Ternyata sangat mudah dan gak pake ribet. Cuma perlu antri sebentar (tergantung jumlah antrian) lalu selesai.

Lokasi samsat keliling yang RA tuju adalah di alun-alun kota tepatnya di sebelah selatan depan pendopo bupati. Berbekal pengalaman 3 hari sebelumnya yang kecele gara-gara telat datang, RA datang tepat setelah sholat maghrib sekitar jam 17.15 wib. Dan, ternyata si mobil samsatnya belum ada. Padahal waktu telat datang sempat bertanya kalau bukanya setiap hari kecuali malam senin (sialnya lupa gak pakai tanya buka mulai jam berapa, faktor U kali ya). Ternyata, samsat keliling datang tepat jam 18.00 wib. Ternyata (lagi), begitu mobil parkir segera banyak yang antri. Ada sekitar 10 orang yang antri.

samsat-keliling-situbondo-3

Berhubung baru pertama, RA sempatkan nanya ke pengantri di sebelah apa saja yang harus disiapkan. Ngobrl-ngobrol dikit sambil menunggu petugas siap melayani. RA baru tahu yang diperlukan untuk bayar pajak motor tahunan di samsat keliling kabupaten Situbondo adalah STNK asli dan KTP asli. Tentu saja dengan sejumlah uang yang harus dibayarkan.

Begitu pintu mobil dibuka, ada petugas parkir (seragam oranye) yang mengumpulkan STNK+KTP para pengantri. Dah gitu saja, selanjutnya biarkan petugas yang menyelesaikan selanjutnya. Terlihat dari luar si petugas (tiga orang) segera utak-atik keyboard laptopnya. Petugas kedua entah ngapain dan petugas ketiga bagian mencetak kertas STNK warna coklat. Yang warna hijau untuk pajak 5 tahunan.

10 menit kemudian mulai petugas memanggil satu persatu nama sesuai STNK+KTP. Tiba giliran RA, disebutkan biaya yang harus dibayar untuk Genza alias NMax Non ABS Oktober 2015 sebesar Rp 373.000,-. Nilai yang tertera persis di STNK.

  • PKB Rp 318.000,-
  • SWDKLLJ Rp 35.000,-

Plus parkir berlangganan dari Pemda sebesar Rp 20.000. Jadi total Rp 373.000,-.

samsat-keliling-situbondo-2

Joss… ketika pemerintah menggenjot penerimaan sektor pajak maka konsekuensinya adalah mereka harus membuat nyaman si wajib pajak untuk membayar pajak. Dengan samsat keliling, hal itu sudah bisa masuk kategori menyamankan kita-kita si wajib pajak. Hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit merupakan efisiensi waktu yang luar biasa. Dibanding bayar di kantor pusat samsat yang paling cepat 30 menit, paling cepat lho…

Untuk jadwal Samsat Keliling Situbondo di alun-alun kota adalah sebagai berikut:

Senin – Sabtu >> 18.00 – 19.00 WIB

Yup, hanya sejam. Sampeyan telat semenit saja tidak akan dilayani heuheuheuheu... oh iya, jangan lupa KTP ya atau juga tidak akan dilayani.

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

2 Comments

Comments are closed.