Suzuki V-Storm 250 Juga Resmi Dirilis, Nah Mending Ini Saja!

image

image

Secara bersamaan Suzuki China merilis dua motor 250 cc beda genre yakni GSX-250R untuk sport full fairing dan V-Storm 250 untuk tipe adventure. Walau berbeda konsep, namun keduanya memiliki persamaan yakni menggunakan basis mesin GW250 alias Inazuma. Bagaimana peluang keduanya jika masuk Indonesia?

Di tanah air untuk segmen sport 250 cc sudah bertarung di jalanan Kawasaki Ninja 250FI dan Yamaha R25. Keduanya bersaing merebut hati konsumen sebelum Honda CBR250RR juga akan segera ikutan. Ketiga motorsport 250 cc itu memiliki kekuatan masing-masing. Ninja 250 dengan nama besar Ninja yang moge look masih tidak tergoyahkan oleh kehadiran R25 yang memiliki keunggulan dihandling dan performa keseluruhan. Sementara calon pemain anyar CBR250RR nampaknya secara fitur sudah di atas keduanya, tinggal melihat bagaimana performa di atas kertas dan di jalanan nantinya, sebab hingga saat ini power dan torsi si kuda besi belum juga ditampakkan.

image

Melongok persaingan di atas, jelas kehadiran Suzuki GSX-250R dengan performa a la GW250 yang masih menggendong mesin SOHC (walau sudah dua silinder) tentu saja akan sangat berat. Segmen sport 250 cc sudah tidak lagi menerima ruang mesin berteknologi SOHC. Lha wong DOHC saja ditolak pasar ketika CBR250R hadir dengan single silindernya. Contoh lain adalah lesunya penjualan Ninja 250 RR Mono yang juga sudah DOHC namun masih jomblo. Apalagi mesin SOHC milik GSX-250R, bisa jadi bahan guyonan di jagad blogsphere. Intinya GSX-250R akan sangat sangat sulit bersaing di market Indonesia. Bakal malu-maluin lah…

image

Nah, sebaliknya untuk segmen adventure 250 cc, belum ada satupun pemainnya di sini. Kawasaki sudah mulai menganggap market segmen ini cukup menarik dengan akan menelurkan Versys 250. Namun, dengan status CBU bisa jadi harganya akan lumayan tinggi. Tapi, ingat Versys 250 masih rencana alias belum benar-benar ada hingga saat ini. Nah, Suzuki punya peluang untuk segera menjadi first mover di segmen ini dengan V-Storm 250.

image

Di segmen ini nampaknya imej mesin DOHC satu atau dua silinder serta mesin jenis apapun menjadi tidak sedominan di sport 250. Karena orientasinya berbeda, yang satu speed speed dan speed sedangkan adventure lebih ke durabilitas, model dan torsi yang nendang. Di sinilah V-Storm punya peluang. Sudah terlalu lama publik pecinta motor tanah air menunggu kehadiran motor bergenre adventure kubikasi kecil. Saat ini di pasar adventure hanya ada Versys 650 yang notabene moge dan sulit dijangkau konsumen kebanyakan. Jika Suzuki Indonesia mau sedikit fokus ke segmen ini, ayolah masukin V-Storm 250 ini dan jual di range harga 50 jutaan. Syukur-syukur jika bisa kepala 40an.

image

image

Jadi, daripada dibikin malu dengan yang dimiliki GSX-250R maka mending V-Storm 250 yang dipilih. First mover, bro! Tapi, itu kalau Suzuki Indonesia mau serius jualan motor sih, mumpung gaung Suzuki mulai ramai dengan kehadiran calon Sport 150 cc bernama GSX-R150, kalau masih juga fokus di R4 ya salam…

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s