Upaya Kesekian Yamaha Kejar Ketertinggalan, Upgrade AKS & SSS Di Mio 125 dan New Soul GT125

dp-0

pilihan-warna-yamaha-soul-gt-2017

Yamaha mulai berbenah mengejar ketertinggalan dari Honda. Ini terlihat dari usaha mereka melengkapi jajaran matiknya dengan fitur-fitur baru yang sebenarnya sudah lebih dulu dilakukan oleh sang rival. Adalah Mio M3 dan Soul GT125 yang pertama mendapat jatah upgrade fitur. Fitur tersebut adalah Answer Key System (AKS) dan Stop Start System (SSS). Seperti apa fitur-fitur tersebut?

Mio M3 mendapatkan giliran pertama upgrade AKS dan SSS. Yamaha menambahkan fitur AKS dan SSS ke varian Mio terlarisnya itu. Namun, tidak hanya upgrade fitur, entah memang disengaja menciptakan banyak varian atau bagaimana,Yamaha menghapus nama M3 menjadi hanya Mio 125. Sebuah keputusan yang masuk akal sebab Mio M3 menjadi varian paling rendah dari klan Mio saat ini. Menurut mariodevan nama M3 terdengan mirip salah satu provider, gak bawa hoki hehehe…

Pada akhirnya Yamaha hanya menyisakan dua varian Mio yakni Mio Standar dengan 4 warna pilihan (merah, hijau, putih dan hitam) serta Mio 125 dengan fitur AKS dan SSS dengan dua pilihan warna putih coklat dan biru doff dengan inovasi jok warna cokelat!

Varian kedua yang mendapat upgrade adalah New Soul GT125. Matik bertampang ala robot ini akhirnya juga mendapat tambahan fitur AKS dan SSS. New Soul GT125 setingkat di atas Mio 125 sudah selayaknya mendapat upgrade serupa. Sama halnya dengan Mio, New Soul GT125 akan ada dua varian yakni reguler dan versi AKS & SSS (biru doff dan silver doff).

Cara Kerja AKS & SSS

Fitur AKS merupakan fitur lama di matik Honda. Di Honda namanya Answer Back System (ABS). Cara kerja AKS adalah mentransmisikan sinyal dari remot maka lubang kunci kontak akan tertutup. Cara menyalakan motor seperti biasa, tinggal dimasukan anak kunci lantas diputar keselektor ON maka kelistrikan akan bekerja dan siap distart. AKS juga berfungsi menemukan posisi motor saat di parkiran yang sangat padat dengan memberi kode kedipan lampu sein kanan kiri saat remote dipencet.

Sedangkan SSS merupakan nama lain dari Idling Stop System (ISS) di Honda. Cara kerjanya sama yakni mesin motor akan otomatis idle (sebut saja mati) ketika mesin dibiarkan stasioner selama 3 detik. Lumayan buat menghemat bahan bakar, begitu klaimnya.

mio-125-standard-series-jpg

Kita lihat saja, apakah upaya kesekian kalinya ini bisa mendekatkan matik-matik Yamaha dengan performa matik-matik Honda di pasar?

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements