Dihukum Di FP1, Terpuruk Di FP3, Masuk Q1, Gagal Tembus Q2… Nasib Valentino Rossi Di Philip Island 2016

image

image
Valentino Rossi dipayungi nasib buruk di Philip Island

Kesialan Valentino Rossi di Australia terus berlanjut. Di sesi kualifikasi pertama (Q1) Rossi tidak mampu berbuat banyak dan harus start dari posisi 15 di race Minggu (23/10) besok.

MotoGP Australia di Sirkuit Philip Island musim ini seperti menjadi akumulasi nasib Rossi sepanjang musim. Dihukum akibat menyalahi batas maksimal putaran ban soft tyre wet di FP1 hingga berada di posisi ke-20, lanjut tidak bisa memperbaiki catatan waktunya di FP2 gara-gara cuaca buruk hingga menyebabkan FP2 dibatalkan panitia hingga akhirnya terpuruk di FP3 juga gara-gara cuaca yang tidak bagus. Alhasil, hingga penentuan kombinasi waktu untuk menentukan ke Q2, Rossi (serta rekan setimnya, Lorenzo) tidak mampu menembus top 10 pembalap tercepat. Q1 harus dilalui Rossi sebelum menembus Q2, jika bisa top 2.

Namun, asa tinggal asa saja. 15 menit Q1 berjalan, sempat dihentikan setelah 5 menit berjalan akibat hujan deras, Valentino Rossi tidak juga mampu menjadi yang tercepat. Di sesi ini, Rossi harus bersaing dengan sejumlah pembalap top lain yang jarang ada di Q1, sebut saja Lorenzo, Vinales dan Crutchlow. Hingga usai, posisi terbaik Rossi adalah kelima. Pupus sudah harapan memperebutkan pole position di Q2. Hanya 2 pembalap tercepat di Q1 yang berhak melaju ke Q2. Kedua pembalap itu adalah Crutchlow dan Lorenzo.

image
Hasil Q1 AustralianGP, Rossi gagal tembus Q2

Alhasil, untuk start besok Rossi akan mulai dari posisi 15!

Musim Yang Membingungkan
Musim ini perjalanan Rossi di MotoGP memang terasa kurang greget, khususnya di paruh musim kedua. Sempat bertarung ketat di klasemen dengan Marquez dan Lorenzo untuk posisi pertama, perlahan memasuki paruh musim performa Yamaha M1 mengalami stuck. Tidak ada peningkatan, sebaliknya Honda RC213V Marquez makin berkembang. Gap poin menjadi besar. Sempat muncul asa di 4 seri sebelum Aragon, dimana posisi finish Rossi selalu di depan Marquez (tapi tidak pernah menang) hingga selisih poin berkurang cukup signifikan, Rossi akhirnya harus menyerahkan titel juara dunia tahun ini kepada Marquez di Motegi.

Entah apa yang terjadi, ketika seharusnya Rossi (dan juga Lorenzo) terus memberi tekanan ke pimpinan klasemen, justru di Motegi keduanya jatuh hampir bersamaan yang otomatis membiarkan Marquez melaju menuju finish tanpa gangguan berarti. Gap 77 poin dengan 3 seri tersisa memupuskan asa Rossi meraih titel ke-10 sepanjang karirnya. Rossi sendiri bingung kenapa bisa terjatuh di Motegi.

Apakah nasib buruk Rossi akan berlanjut hingga race besok? Kita tunggu saja….

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Saat Rossi & Lorenzo Terpuruk, Marquez Raih Pole MotoGP Australia 2016 | rideralam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*