Podium Ketiga Vinales Di Philip Island Bikin Suzuki Sejajar Honda, Yamaha dan Ducati!

image

image

Maverick Vinales podium ketiga di Philip Island 2016

MotoGP Australia 2016 akhirnya menjadi penentu nasib tim pabrikan Suzuki Ecstar. Podium ketiga yang diraih Maverick Vinales akan membuat Suzuki Ecstar musim depan sejajar Repsol Honda, Movistar Yamaha dan Ducati Team. Suzuki Ecstar akan bertransformasi menjadi tim pabrikan sejati mulai MotoGP 2017 nanti.

Seperti diketahui, sejak bergabung kembali ke MotoGP 2015 silam, Suzuki mendapat keistimewaan sebagai tim pabrikan dengan konsesi. Konsesi berarti ada keistimewaan yang diperoleh tim pabrikan baru yang diberikan oleh Dorna. Seperti, kebebasan melakukan ujicoba sepanjang musim, kebebasan mengembangkan mesin, jatah mesin yang lebih banyak dari yang lain (9 berbanding 6) dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar tim-tim pabrikan baru bisa berakselerasi mengejar ketinggalan dari tim pabrikan lawas.

Namun, konsesi tidaklah seterusnya. Dorna membuat batas tertentu sehingga ketika itu dicapai, maka otomatis status tim konsesi akan hilang. Sebuah batas yang disebut Concession Point. Poin konsesi yang jika dicapai sebuah tim maka status konsesinya otomatis hilang di musim berikutnya. Poin konsesi bisa dilihat di artikel ini.

Nah, sebelum MotoGP Australia Suzuki telah mengumpulkan 5 konsesi poin sebagai hasil positif para pembalapnya, khususnya Maverick Vinales. Konsesi poin Suzuki Ecstar diperoleh dari sekali podium 1 di Silverstone, dan masing-masing 2 kali podium ketiga di Le Mans dan Motegi. Alhasil, Suzuki hanya butuh sekali lagi podium untuk kehilangan status tim konsesinya, naik kelas menjadi tim pabrikan sejati!

image

Podium MotoGP Australia 2016

Dan, akhirnya Philip Island menjadi saksi bagaimana performa menawan Vinales membuahkan podium ketiga usai berduel dengan sang teammate Aleix Espargaro dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso. Podium ketiga untuk ketiga kalinya bagi Vinales musim ini sekaligus menambah poin konsesi Suzuki Ecstar menjadi 6. Batas akhir poin konsesi yang mengharuskan tim pabrikan melepas status keistimewaannya mulai musim berikutnya.

Suzuki Ecstar dipastikan akan berhitung ulang, mengatur strategi baru, meracik formula anyar sebagai tim pabrikan sejati. Tim pabrikan tanpa keistimewaan. Tim pabrikan dengan segala pembatasan ruang dan waktu untuk improve dari sisi mesin. Namun, walaupun tanpa keistimewaan, tim pabrikan ini akan menjadi tim sejati yang bertarung secara fair head to head dengan perlakuan sama. Adu cerdas mekanik, adu skill para pembalap, adu genius para insinyur dan tentu saja adu gengsi sebagai tim asal Jepang.

image

Suzuki Ecstar kehilangan keistimewaan mulai musim depan

Welcome to the club, kira-kira begitu sapaan Honda, Yamaha dan Ducati kepada Suzuki musim depan menyambut “anggota baru” tim pabrikan tanpa konsesi, tim yang tidak lagi dimanja, tim pabrikan sejati!

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Iklan

One response to “Podium Ketiga Vinales Di Philip Island Bikin Suzuki Sejajar Honda, Yamaha dan Ducati!

  1. Ping-balik: Jelang MotoGP Malaysia 2016: Ketika Rossi Diburu Lorenzo, Lorenzo Justru Dibidik Vinales… Abaikan Marquez! | rideralam.com·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s