Besaran Pajak Tahunan Genza a.k.a Yamaha NMax Non ABS 2015

image

image

Beberapa hari yang lalu RA melakukan pembayaran pajak tahunan untuk motor tunggangan kesayangan Genza alias Black NMax Non ABS. Ternyata sudah setahun usia kebersamaan Genza. Sudah waktunya menunaikan kewajiban sebagai warga negara yang baik yakni taat pajak. Berapa besaran pajak tahunan si Genza?

Sebelumnya, RA coba cari informasi dari grup facebook NMax tentang besaran pajak tahunannya. Sempat mendapat beberapa respon dari rekan-rekan sesama pemakai NMax. Ada yang mengatakan pajaknya di kisaran 400 ribuan, 300 ribuan dan bahkan ada yang sampai 500 ribuan. Entah, apakah perbedaan itu memang karena daerah domisili yang berbeda juga. Sebenarnya, RA punya sedikit prediksi paling ada di angka 400 ribuan. Maklum, tidak tau cara baca besaran pajak tahunan motor di STNK. Sebab, selama ini kalau bayar selalu titip ke teman. Ya, ada sedikit ongkos lelah buat dia.

Akhirnya, berkat adanya samsat keliling, RA akhirnya bisa tahu besaran pajak tahunan NMax. Bayar sendiri di samsat keliling alun-alun Situbondo, ketahuan kalau besaran pajak tahunan NMax adalah Rp 373.000,-. Wow… Murah atau mahal, bro? Entahlah, yang jelas kalau brosis ingin tahu berapa besaran pajak tahunan motor tunggangan harian, monggo lihat STNK dan pantengin data berikut (ada di lembar warna cokelat) :

Besaran pajak NMax Non ABS Produksi Oktober 2015:

PKB Rp 318.000,-
SWDKLLJ Rp 35.000,-

Total Rp 353.000,-

Nah, untuk daerah Kabupaten Situbondo setiap wajib pajak kendaraan bermotor diwajibkan membayar biaya parkir berlangganan tahunan. Besaran untuk kendaraan roda dua adalah Rp 20.000,- dapat sticker parkir yang ditempel di plat nopol.

Jadi, total yang harus dibayarkan untuk pajak tahunan Genza adalah:

Rp 353.000,- + Rp 20.000,- = Rp 373.000,-

Tidak sampai 400 ribu apalagi 500 ribu, bro. Jadi, sebaiknya memang bayar sendiri untuk pajak tahunan motor kita.

Nah, itu sedikit informasi yang mungkin berguna bagi teman-teman pemakai motor, khususnya NMax Non ABS 2015. Ciao

Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

3 Comments

    • Seharusnya tidak ada, dengan catatan sticker ditempel di motor (biasanya di plat nopol). Selama sudah bayar parkir berlangganan, anda tidak usah bayar parkir di sepanjang pinggir jalan. Kecuali jika parkir di area parkir khusus, di mall misalnya

Comments are closed.