Ternyata, Motor Jadi Enteng Bawanya Habis Dicuci Itu Bukan Cuma Perasaan, Lho…

ktm indonesia

image

Brosis, sebenarnya hal ini sudah sering RA rasakan ketika motor habis dicuci koq rasanya tarikan jadi lebih enteng, lebih ngacir, pokoknya lebih oke dibanding sebelum dicuci. RA pikir sih paling hanya perasaan saja, motor bersih, pikiran tenang, motorpun seperti “dimaafkan” apapun kondisinya, sehingga mindset merasa nih motor lebih enak. Tapi, setelah membaca artikel dari Liputan6 ternyata ada penjelasan teknisnya, lho…

“Karena lumpur yang menempel pada lepas semua, pasti enteng,” ujar Handy Hariko Senior Manager Training Department Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Misalnya soal mesin. Handy menjelaskan, mesin yang tidak tertutup dengan lapisan kotoran bisa membuat pembuangan panas tidak terhambat. Sehingga kerja mesin juga bisa lebih baik. Pun dengan bagian roda.

“Biasanya roda juga lancar perputarannya, karena biasanya di master rem pada motor kotor agak tersendat, karena adanya kotoran menempel di sana,” tambah Handy.

Kalau dipikir-pikir memang masuk di logika semua apa yang disampaikan di atas. Ketika motor dalam kondisi bersih, sirkulasi pembuangan panas di mesin jadi lancar, otomatis performa mesin meningkat. Pun demikian jika kotoran tidak lagi menempel, bobot motor akan lebih enteng, walaupun ini pengaruhnya tidak terlalu signifikan kecuali motor trail abis blusukan di jalur off road.

Tapi, mindset sepertinya juga berperan. Motor bersih, pikiran tenang, bawa motorpun gak ada beban, nyantai saja apapun kondisi mesin (setidaknya dibanding saat riding dengan kondisi motor kotor).

Bagaimana menurut brosis?

or Everything Contact me on:
Whatsapp +6287712727000
Email karis.nsz@gmail.com
FB Fanspage @rideralam

Advertisements

5 Comments

Comments are closed.