Baru Dirilis, Aerox Sudah Akan Disuntik Mati, Nah Lhoo…

image

image

Eits… Gak usah kaget, bukan Aerox 155 koq yang disuntik mati.

Yamaha baru saja merilis matik baru Aerox 155. Walau sudah dirilis, si kuda besi baru bisa didapatkan konsumen awal tahun depan. Sembari menunggu masspro Aerox 155, ternyata di saat bersamaan Yamaha akan segera menghentikan produksi Aerox lainnya yakni Aerox 125LC. Yup, Aerox 125 akan didiscontinued alias disuntik mati.

Entah apa pertimbangan Yamaha, namun jika memperhatikan statement Executive Vice President & COO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti faktor penjualan menjadi alasan. Dari Data AISI sepanjang Januari hingga September tahun ini, Aerox 125LC hanya terjual 23.002 unit. Sebuah angka yang sangat minimalis jika dibandingkan target yang ingin dicapai di angka 120.000 unit/tahun.

Ditambah kapasitas produksi YIMM yang tidak sebesar AHM, sangat masuk akal jika akhirnya Aerox 125LC disuntik mati.

Jika akhirnya Aerox 125LC jadi disuntik mati, maka akan menjadi matik tersingkat jam tayangnya. Dirilis Januari 2016, disuntik mati Desember 2016. Setahun saja. RA rasa tidak ada matik yang usianya hanya setahun, kecuali brosis punya data lain RA akan berterima kasih.

Secara desain sebenarnya Aerox 125LC termasuk keren. Kecuali area kaki-kaki yang cungkring, garis desain Aerox 125LC merupakan gado-gado produk Yamaha lainnya. Sebut saja New Vixion yang bisa terlihat di bagian buritan Aerox 125LC atau paling mencolok bagian stang yang trondol a la X-Ride. Yang agak disayangkan memang dari sisi fitur. Aerox 125LC sangat minim fitur.

Mulai dari mesin yang ternyata ketika Yamaha tengah gencar mem-Bluecore-kan seluruh line up matiknya, Aerox 125LC justru masih menganut injeksi non Bluecore. Apa maksudnya? Belum lagi fitur-fitur lain yang absen. Aerox 125LC terlihat sangat inferior di sisi ini.

image
Aerox 155VVA Black

So, dengan kelahiran Aerox 155VVA yang sama sekali beda, sangat pantas Aerox 125LC segera dihentikan produksi dan penjualannya. Aerox 155 yang kaya fitur akan sedikit “tercoreng” jika Aerox 125LC masih ada di daftar penjualan matik Yamaha. Imho. (uyy)

Advertisements

4 Comments

  1. padahal mesin aerox 125 lumayan bandel krn pake mesin generasi xeon rc.
    ngrasain sendiri gmn bandel dan reliable nya mesin xeon rc, jauh beda sama generasi meong wkwkww

  2. Coba kalau namanya NVX di Indonedia Aerox 125 tetap ada dan NVX lebih populer.ibarat orangnlahir 1 masa dua nama.

Comments are closed.