Situbondo Bangga, KHR As’ad Syamsul Arifin Sandang Gelar Pahlawan Nasional!

dp-01

Hari Pahlawan tahun ini akan menjadi hari yang sangat spesial bagi warga Situbondo, termasuk RA. Pasalnya, pemerintah Indonesia akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional untuk salah satu tokoh Kota Santri (Sebutan untuk Kabupaten Situbondo) yaitu alm. KHR As’ad Syamsul Arifin. Hal itu tertuang pada Salinan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 90/TK/2016 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

pahlawan-nasional-kyai-asad

KHR As’ad Syamsul Arifin Pahlawan Nasional dari Situbondo (pic. serambimata)

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional terhadap pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo tersebut didasarkan pada sidang Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan pada tanggal 11 Oktober 2016 mengenai pembahasan usulan penganugerahan gelar dan tanda kehormatan RI.

KHR As’ad Syamsul Arifin dianggap berhasil menanamkan cinta tanah air dan semangat jihad melalui pesantren dan barisan kerakyatan di masa pra kemerdekaan. Sedangkan dalam mengisi kemerdekaan beliau dianggap berhasil mempraktikkan politik kebangsaan dan kenegaraan.

Contoh perjuangan KHR As’ad Syamsul Arifin di jaman pra kemerdekaan adalah berhasil menanamkan nilai cinta tanah air kepada para santri dan masyarakat melalui pendirian dan pengembangan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo bersama sang abah Kyai Samsul Arifin. Selain itu, beliau berhasil menanamkan semnagat perjuangan dan dakwah Islamiyah melalui Barisan Pelopor di tahun 1920-an. Yang membuat spesial adalah Barisan Pelopor berisi bekas bajingan-bajingan yang insyaf dibina di Ponpes Sukorejo.

Selain itu, KHR As’ad Sebagai Komandan Hizbulloh Kawasan Timur Indonesia terus menggelorakan semangat kepada  segenap masyarakat untuk melawan kesewenang-wenangan penjajah. Tidak hanya memberi semangat, tapi murid Syaikhona Cholil Bangkalan ini juga turun langsung di medan tempur memimpin pejuang melawan penjajah.

Di bidang politik, KHR As’ad Syamsul Arifin pernah menjabat sebagai penasehat pribadi Wakil Perdana Menteri KH. Idham Khalid (1956-1957) dalam kabinet Ali Sastromidjojo. Beliau juga ikut mendirikan Majelis Ulama Indonesia tahun 1975. Tidak lupa juga KHR As’ad Syamsul Arifin merupakan tokoh utama dibalik penerimaan asas tunggal Pancasila, sebuah tonggak sejarah penting negeri ini yang terjadi ketika Munas dan Muktamar NU di sekitar tahun 1983-1984.

KH As’ad lahir pada tahun 1897 di kota Makkah dan wafat pada 4 Agustus 1990 di Situbondo, Jawa Timur. Beliau merupakan putera dari Raden Ibrahim dan Siti Maimunah. Kedua orang tuanya berasal dari Pamekasan, Madura. Ayah dari KHR As’ad, yakni Raden Saleh lebih dikenal dengan sebutan KH Syamsul Arifin. Dia masih keturunan dari Sunan Ampel. Sedangkan ibunya, Siti Maimunah, masih keturunan dari Pangeran Ketandur yang merupakan cucu Sunan Kudus. KHR As’ad diajak ke Pulau Jawa oleh ayahnya untuk menyebarkan agama Islam. Ada pun jabatan terakhir KH As’ad di Nahdlatul Ulama adalah sebagai Dewan Penasihat

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada KHR As’ad Syamsul Arifin makin spesial sebab di tahun ini Pemerintah Indonesia hanya memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada satu orang saja. Sebelumnya, Menteri Sosial Khafifah Indar Parawansa memang pernah menyebutkan bahwa gelar pahlawan nasional tahun 2016 hanya akan diberikan kepada satu orang saja, dan itu bukan H.M. Soeharto atau Gus Dur.

 

Menurut rencana, penganugerahan Gelar  Kyai Asad sebagai Pahlawan Nasional akan dilaksanakan hari ini, Rabu, 9 Nopember 2016.

Iklan

One response to “Situbondo Bangga, KHR As’ad Syamsul Arifin Sandang Gelar Pahlawan Nasional!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s