Balapan Di Valencia Akan Berlangsung 30 Lap, Ini Data & Faktanya!

image

image

Brosis, seri terakhir MotoGP musim ini masih sama dengan musim-musim sebelumnya yakni dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Jorge Lorenzo akan start dari pole diikuti Marc Marquez dan Valentino Rossi. Race akan dilangsungkan malam ini pukul 20.00 wib live di Trans 7. Sebelum menonton jalannya balapan, simak dulu beberapa informasi mengenai MotoGP Valencia yuk…

Pertama, balapan akan dilangsungkan sepanjang 30 lap. Jumlah yang cukup banyak sebab Sirkuit Ricardo Tormo hanya memiliki panjang 4 km. Jadi, para pembalap akan menempuh jarak total 120.2 km atau 74.7 mil.

Kedua, para pembalap akan memacu kuda besinya dengan kecepatan rata-rata 156.7 km/jam. Rekor top speed di sirkuit ini diciptakan tahun lalu atas nama Andrea Dovizioso dengan Desmosedici GP15 yang mencapai 335.9 km/jam. Angka tersebut dicapai di lintasan lurus Ricardo Tormo yang hanya sepanjang 876 m. Bayangkan bro, naik motor dengan kecepatan segitu dengan trek di bawah 1 km dan di ujung trek ada tikungan patah yang sangat membutuhkan kualitas rem mumpuni.

Ketiga, Sirkuit Ricardo Tormo punya total 14 tikungan; 9 ke kiri dan 5 ke kanan. Bisa dipastikan permukaan ban bagian kiri akan menerima beban lebih berat dibanding yang kanan. Namun, Michelin memandang tidak perlu dibuat ban asimetris.

Keempat, tahun lalu Jorge Lorenzo berhasil menang di Valencia usai kontroversi Sepang. Lorenzo sepanjang balapan dianggap “dikawal” oleh Marc Marquez yang sebenarnya punya kecepatan lebih baik darinya. Marquez sendiri finish kedua dan ketiga diisi oleh Dani Pedrosa. Finish keempat bagi Rossi (setelah start dari posisi dua dari belakang usai menerima hukuman di Sepang) membuatnya kehilangan gelar juara dunia yang sudah di depan mata. Lorenzo akhirnya merebut titel juara dunia dengan keunggulan 5 poin dari Rossi.

Kelima, Lorenzo dan Pedrosa merupakan pembalap tersering menagng di Valencia. Keduanya telah 3 kali berdiri di podium tertinggi. Sedangkan Valentino Rossi baru dua kali menang, masing-masing sekali bersama Honda dan Yamaha di tahun 2003 & 2004. Marquez baru sekali menang tahun 2014 lalu.

Nah, itu sedikit informasi tentang Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia yang malam nanti akan menjadi race terakhir MotoGP musim ini. Tidak ada lagi drama perebutan juara dunia dan runner up yang sudah dikunci oleh Marquez dan Rossi. Paling “hanya” ada keseruan untuk merebut posisi ketiga antara Lorenzo dan Maverick Vinales. Keduanya berjarak 17 angka dengan keuntungan dimiliki Lorenzo.

Siapa yang akan menang?

Advertisements

Comments are closed.