Day 1 Valencia Test 2016: Maverick Vinales Gemilang, Para Rookie Harus Kerja Keras!

image

image

Performa gemilang langsung ditunjukkan rekrutan anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales pada hari pertama tes resmi Valencia, Selasa (15/11). Vinales yang baru pertama menggeber YZR-M1 “tanpa sungkan” langsung melibas rival-rivalnya, termasuk Valentino Rossi, untuk menjadi yang tercepat.

Hari pertama tes Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo berlangsung selama 7 jam dimulai pukul 16.00 dan berakhir pukul 23.00 wib. Di awal sesi Valentino Rossi sempat menjadi yang tercepat. Kondisi itu berlangsung hingga rehat. Sasis anyar M1 sepertinya mulai menjanjikan sesuatu bagi Rossi. Memang terlalu dini menyimpulkan, namun setidaknya impresi positif di awal tes mengindikasikan kemajuan.

image

Usai rehat, sesi kedua yang berlangsung siang hingga sore waktu setempat, pergerakan laptime para pembalap makin dinamis. Best laptime Rossi masih belum bisa didekati pembalap lain, termasuk Marc Marquez dan eks rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Hingga akhirnya Vinales menggebrak dengan best laptime 1:30,930 detik unggul tipis 0,020 detik dari Rossi.

Impresi positif juga ditorehkan pembalap anyar Ducati, Jorge Lorenzo. Lorenzo yang sempat hanya di posisi 10 di sesi pagi akhirnya bisa menutup hari pertama tes di posisi ketiga. Best laptime Lorenzo adalah 1:31,052 detik. Walau masih kalah dari rekor laptime saat race kemarin di tempat yang sama, namun dengan motor yang sama sekali baru, performa yang ditunjukkan Lorenzo ini sudah sangat lumayan.

image

Lalu, bagaimana dengan performa rekrutan anyar lainnya?

Selain Vinales dan Lorenzo yang impresif, Andrea Iannone yang kali ini sudah berada di bawah bendera Suzuki juga tidak mau kalah. GSX-RR dibawanya tercepat ketujuh, di belakang Marquez, Dovi dan Cal. Gaya agresif Iannone dalam membalap nampaknya cocok dengan GSX-RR. Cukup menjanjikan nih.

Yang cukup menjanjikan juga adalah performa Aprilia di bawah besutan pembalap anyarnya Aleix Espargaro. Tim yang di musim ini lebih banyak berkutat di luar zona poin (top 15) kali ini cukup oke dengan posisi ke-14. Aleix Espargaro cukup impresif dengan tertinggal 1,247 detik dari Vinales. Tidak terlalu buruk untuk tim sekelas Aprilia yang masih terus mengembangkan performanya.

Sedangkan KTM masih harus lebih keras lagi bekerja setelah dua pembalap anyarnya hanya tercepat ke-19 dan 20. Bradley Smith dan Pol Espargaro hanya lebih cepat dari Alex Rins (21) dan Sam Lowes (24), duo rookie MotoGP musim ini. Smith dan Pol bahkan masih kalah cepat dari dua rookie lainnya di tim Tech 3 yakni Jonas Folger dan Johann Zarco yang berada di posisi 16 dan 17.

Test kali ini juga diikuti pembalap Moto3 Francesco Bagnaina yang mendapat hadiah dari Ducati untuk menggeber Desmosedici karena berhasil memenangi dua seri di Moto3 musim lalu. Namun, hasilnya masih kurang menggembirakan. Bagnaina menjadi pembalap paling bontot dengan gap lebih dari 6 detik dari pembalap tercepat.

image

image

image

Hari ini, tes hari kedua akan dimulai pukul 16.00 wib atau 10.00 waktu Valencia. Kita tunggu seperti apa performa para pembalap MotoGP 2017 di hari kedua tes. Perubahan-perubahan apa yang akan dilakukan para teknisi untuk membuat si kuda besi makin ngacir. Ciao

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Tes Valencia Menunjukkan Vinales Lebih Kencang Dari Rossi, Ini Alasannya! | rideralam.com

Comments are closed.