Rekap MotoGP 2016: Rekor Kemenangan 9 Pembalap, Marc Marquez The Champions!

november-hebat

pembalap-motogp.jpg.jpeg

Brosis,MotoGP 2016 sudah usai. Marc Marquez telah memastikan merebut kembali gelar juara dunia kelas para raja setelah tahun sebelumnya direbut Jorge Lorenzo. Perjuangan meraih poin demi poin sejak seri pertama di Losail, Qatar hingga mengunci gelar di Motegi, Jepang saat musim masih menyisakan 3 seri lagi tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlawanan ekstra ditunjukkan sang rival, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi hingga akhirnya keduanya “menyerah” bersamaan di Motegi akibat ndlosor. MotoGP 2016 menyajikan pertarungan seru, bisa jadi terseru dalam beberapa musim terakhir jika dilihat dari jumlah pemenang seri.

Total 9 pembalap yang berhasil memenangi seri MotoGP 2016. Hingga seri ketujuh di Catalunya, sepertinya kita masih akan disuguhi persaingan “itu-itu saja”, kalau tidak Marquez, Rossi ya Lorenzo juaranya. Yang lain paling sebatas mengejtkan di podium 2 atau 3. Namun, semuanya berubah saat seri kedelapan berlangsung. Assen menjadi saksi seorang pembalap yang selalu “akrab” di belakang seperti Jack Miller tiba-tiba menyentuh garis finish pertama. Tidak tanggung-tanggung, Miller ngasapi Marc Marquez di tempat kedua. Cuaca hujan memang selalu menghadirkan kejutan, namun kejutan Miller adalah super surprize!

Assen seolah-olah menjadi booster keseruan (mungkin lebih tepatnya unpredictable result) seri-seri berikutnya. Setelah sempat “normal” kembali ketika Marquez mendominasi Sachsenring, seri berikutnya di Red Bull Ring kembali menghadirkan kejutan. Dominan sejak latihan bebas, bahkan pra musim, Andrea Iannone menghadirkan juara baru lagi di MotoGP 2016. Iannone pembalap kelima yang berhasil menang hingga seri ke-10. Kejutan belum usai.

Kejutan selanjutnya terjadi di Brno, Rep. Cezska. Adalah Cal Crutchlow nama berikutnya yang sukses menjadi kampiun. Kemenangan Cal terasa spesial bagi negaranya, Inggris. Sebab negeri Eizabeth itu sdah menunggu momen itu selama 35 tahun sejak Barry Sheene melakukannya tahun 1981. Uniknya nomor motor Cal adalah 35! Cal menjadi pembalap keenam yang menjadi kampiun musim ini.

Kejutan berlanjut di Silverstone, Inggris. Rookie of The Year 2015 Maverick Vinales yang sudah dipastikan akan hengkang ke Yamaha memberikan kemenangan sensasional bagi timnya, Suzuki sejak 2007. Hebatnya lagi, Vinales membawa Suzuki ke puncak “hanya” dua tahun pasca comeback ke MotoGP. Vinales menang dengan gap mencapai 3 detik dari Crutchlow dan 4 detik dari Rossi. Itu dilakukan di track yang kering walau agak dingin. Vinales pembalap ketujuh yang berhasil menang musim ini.

Dani Pedrosa akhirnya ikut masuk rombongan champions MotoGP 2016 usai menaklukkan jagoan tuan rumah Valentino Rossi di Sirkuit Marco Simoncelli San Marino. Pedrosa yang seolah-olah tenggelam dari hingar bingar podium di musim ini menuntaskan dahaganya di seri ke-13. Tampil kesetanan, Pedrosa berhasil menaklukkan Rossi dan Lorenzo setelah start dari posisi 8 sekaligus menjadi pembalap kedelapan yang naik podium pertama. Publik menunggu siapa pembalap kesembilan selanjutnya yang akan menorehkan sejarah bagi MotoGP.

Seri berikutnya di Aragon dan Motegi menjadi milik Marquez. Bahkan, di Motegi Marquez sudah berhasil mengunci gelar juara pasca Rossi dan Lorenzo gagal finish akibat terjatuh di tengah race.

Tidak cukup sekali, Cal Crutchlow mengulang kesuksesan podium satu di Phillip Island. Dua kali kampiun menasbihkan Cal sebagai pembalap tim independen tersukses musim ini. Bahkan, raihan kemenangan Cal masih lebih baik dari pembalap utama Honda Dani Pedrosa.

Dan, akhirnya setelah menunggu 3 seri, muncul juga pembalap kesembilan yakni Andrea Dovizioso di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dovi yang memang dominan sejak latihan bebas, pole di kualifikasi mengakhirinya dengan podium satu mengalahkan Rossi dan Lorenzo.

Seri terakhir menjadi milik Jorge Lorenzo. Lorenzo mempersembahkan kado manis buat timnya, Movistar Yamaha sebelum pindah ke Ducati musim depan. Sirkuit Ricardo Tormo menjadi ajang perpisahan beberapa pembalap yang akan pindah tim musim 2017.

Akhirnya, di luar parade kejutan respek luar biasa harus kita berikan atas makin dewasanya penampilan Marc Marquez di musim ini. Berkat kedewasaannya itulah Marc Marquez akhirnya menjadi The Champions, Juara MotoGP 2017. Semoga MotoGP 2017 akan makin seru lagi. Ciao

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s