"Motor MotoGP Bisa Mendeteksi Kesalahan Saya"

image

image
Jonas Folger (kiri) dan Johann Zarco

Jonas Folger mengaku sangat senang akhirnya bisa menggeber motor MotoGP. Salah satu Rookie MotoGP musim 2017 yang akan tergabung ke dalam tim Yamaha Tech 3 bersama Juara Dunia Moto2 Johann Zarco akhirnya mendapat kesempatan merasakan sensasi motor prototype MotoGP pada tes resmi Valencia, akhir November lalu. Folger mengaku mendapat pengalaman lain dengan MotoGP.

Pembalap asal Jerman itu mengatakan MotoGP memberikannya kebebasan untuk melakukan set up motor tunggangan serta mendapat pengalaman baru yang tidak diperolehnya selama di Moto2. Folger menyebut motor MotoGP bisa mendeteksi kesalahan apa yang telah dibuat sang pembalap selama menggebernya mengelilingi lintasan.

Di MotoGP, data yang diperoleh selama pengujian bisa menunjukkan dua hal, yakni kesalahan pembalap atau set up motor yang terjadi sepanjang menggeber si kuda besi. Folger menambahkan dirinya sangat gembira bisa tahu kedalahan apa yang telah diperbuatnya sewaktu di atas motor MotoGP sehingga bisa memperbaikinya. Di Moto2, pembalap tidak bisa mendapatkan informasi tentang kondisi ini.

“Tim bisa dengan jelas mengatakan apa yang salah dari gaya saya dan saya jadi bisa memperbaiki hal tersebut. Di kelas Moto2, pembalap tak akan tahu apakah itu kesalahan motor atau kesalahan pembalap,” ungkap Folger.

Jonas Folger mengakhiri musim 2016 di peringkat ke-7 klasemen Moto2 dengan 167 poin tertinggal 109 poin dari calon rekannya, Johann Zarco di puncak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*