YZF-R15 vs CBR150R vs GSX-R150, Siapa Yang Unggul?

november-hebat

Membandingkan motor-motor yang sekelas memang selalu menarik dan seru. Termasuk motor sport berkubikasi 150 cc. Di kelas ini ada 3 motor sejenis yang menarik untuk dibandingkan yakni Yamaha YZF-R15, Honda CBR150R dan pemain baru tapi lama Suzuki GSX-R150.

Yang dibandingkan tidak selalu soal power dan torsi yang memang paling seru untuk dilihat. Namun, soaldimensi motor dan rangka juga tidak kalah penting untuk disimak. Dimensi jelas berhubungan dengan ergonomi dan akselerasi. Tentu saja walaupun sekelas, namun ada perbedaan antara ketiga sport 150 cc ini, terutama dengan tinggi tempat duduk. Biar paham seberapa jinjit brosis saat dudukdi atasnya. Wheellbase tidak kalah pentingnya untuk kelincahan meliuk-liuk di keramaian, walaupun tentu saja bergantung nyali si rider juga.

Pun untuk rangka. Tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika acuannya MotoGP, jelas rangka twinspar atau deltabox lebih advance. Tidak usah protes, semua motor MotoGP musim ini sudah menggunakan rangka jenis itu. Dalam dimensi yang lain di sport 150 cc, rangka deltabox memang masih menjadi nilai lebih walaupun pada faktanya di lapangan rangka teralispun tidak inferior.

r15-vs-cbr150r-vs-gsx-r150

So, berikut ini perbandingan sport fairing 150 cc antara Yamaha YZF-R15, Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 dalam grafis di bawah ini.

perbandingan-sport-150

Siapa yang unggul? Melihat spesifikasi di atas jika acuannya power jelas GSX-R150 paling powerfull sama halnya dengan Satria FU Injeksi yang memang menggunakan mesin sejenis. Namun, untuk urusan laku tidaknya, laris tidaknya banyak faktor yang menentukan. Brand menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan. Yuukkk…

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Hasil uji lapangan Suzuki GSX-R150 kok cuma beda sedikit dengan rival? | Mengupas soal motor

Comments are closed.