Tiris Adventure: Kebun Teh, Candi, Air Terjun, Tubing, Air Panas, Danau… Komplit Dan Recommended!

Sungainya menggoda untuk “ditaklukkan”

Brosis, seperti yang sudah disampaikan di artikel hari Selasa (20/12) bahwa blog autopilot (sok-sok an sih auto pilot segala… mbuh opo artine) karena RA lagi jalan-jalan ke Bremi, Probolinggo (ternyata ke Tiris bukan Bremi). Nah, ini sedikit gambaran kondisi alam di sana.

Jarak tempuh dari Situbondo kota menuju lokasi base camp Ridhoutbond di Kecamatan Tiris, Probolinggo sekitar 120 km. Sebagian besar jalanan mulus kecuali 10 km terakhir menuju lokasi yang harus pontang-panting gegara aspal hancur lebur berganti batu makadam (efek aspal jadi aliran sungai saat hujan kali). Lokasinya kalau brosis mau ke sana ada di rute Pondok Pesantren Zainul Hasan, Genggong Probolinggo terus ke selatan sekitar 30-40 km lagi dengan rute menanjak.

Oke, sesampai di lokasi suasana alam pegunungan dengan pepohonan disana-sini begitu mempesona. Udaranya sejuk khas pegunungan. Tanah tampak basah seperti habis di guyur hujan (dan memang benar selama 3 hari 2 malam di sana hujan selalu turun sejak ba’da Dhuhur hingga menjelang Maghrib). Overall, sangat recomended untuk lokasi seperti pelantikan organisasi, famili gathering perusahaan hingga latihan dasar kepemimpinan OSIS misalnya. Ridhoutbond selaku EO patut diacungi jempol untuk penemuan lokasi.

Petualangan bersama Ridhoutbond

Hari pertama dihabiskan di base camp. Siswa-siswi anggota pramuka MAN 2 Situbondo tingkat laksana berjumlah 13 anak mendapat sambutan dengan bermain games khas outbond (flying fog dkk). Kami, para pembina berjumlah 5 orang dengan santai mengamati dari bale bambu. Alhamdulillah atas nikmatMU Ya Rabb…

Nah, hari kedua full adventure menuju 6 objek wisata. Tujuan pertama adalah Kebun Teh Pertanian Lestari PT Nusantara XII Kebun Gunung Gambir Afdeling Lawang Kedaton (Kebun teh andung biru karena terletak di desa Andung Biru). Sebagaimana kebun teh, pemandangan pohon teh dengan kontur lereng bukit menghiasi alam sekitar. Kebun teh ini punya ketinggian 921 mdpl. Dari base camp berjarak 1 jam perjalanan full menanjak. Ekstrem bro rutenya… sayang tidak sempat didokumentasikan, deg-degan sepanjang perjalanan.

Kebun teh milik PTPN XII

Ketinggian 921 mdpl

Usai dari kebun teh, kita menuju ke wisata budaya yakni Candi Kedaton. Wow… nenek moyang kita sampai bikin candi di gunung ya. Candinya jangan membayangkam seperti Prambanan atau Jabung atau yang lainnya, Candi Kedaton ini tidak punya pucuk (apa ya istilahnya) jadi hanya berupa dasaran setinggi kurang lebih 2,5 – 3 meter. Ketaknya di dusun Lawang Kedaton, desa Andung Biru Kecamatan Tiris.

Candi Kedaton merupakan candi Hindu yang berukuran 6 meter persegi dan memiliki tahun sekitar 1292 Saka (1370 Masehi). Ada sekitar 33 relief yang bisa kita lihat di kaki candi.

Candi Kedaton

Puas dengan Candi Kedaton, kita kembali turun. Kali ini menuju ke air terjun. Sayang, RA tidak tanya apa nama air terjunnya. Yang jelas bagaimana halnya air terjun lainnya, yang ini juga menyegarkan, airnya dingin dengan ketinggian sekitar 15-20 meter. Sepertinya air terjun ini masih belum terlalu dijamah wisatawan, hal ini bisa dilihat dari jalan setapak menuju air terjun yang masih berupa ilalang, belum ada jejak jalan.

Air Terjun setinggi 15-20 meter

Selesai menikmati air terjun, kita menuju permainan Tubing (mengapung mengikuti arus air sungai menggunakan ban dalam mobil). Luar biasa, permainan RA waktu masih SD sekarang telah menjadi sumber penghasilan bagi mereka yang kreatif dan inovatif. Oh iya, aliran sungainya mirip-mirip untuk arung jeram tapi lebih bersahabat. Safety gear sudah disiapkan panitia berupa helm dan jaket pelampung.

Mengikuti aliran sungai dengan ban (tubing)

Di ujung Tubing, kita disuguhi pemandian air panas. Setelah basah-basahan dan kedinginan waktunya mendapat kehangatan dengan berendam di kolam air panas. Seruuu… menurut cerita masyarakat, air panas di Segaran dapat mengobati penyakit kulit dan rasa lelah setelah berjalan kaki.

Kolam air panas

Nah, yang terakhir setelah mandi air panas saatnya menuju base camp. Tapi, tunggu dulu tidak melalui jalan biasa melainkan menyeberangi danau Ranu Segaran! Berenang? Tentu saja tidak, tapi naik speed boat. Josss dah pokoknya… Ranu (danau) Segaran terletak di Desa Segaran, Kecamatan Tiris dengan ketinggian mencapai 600 mdpl.

Melaju dengan speedboat membelah danau Ranusegaran

Kesimpulannya, lokasi agrowisata Kecamatan Tiris, Probolinggo sangat cocok untuk yang berjiwa petualang. Oh iya, kalau naik motor lumayan menyiksa suspensi. Motor trail paling cocok. Ciao…

Thanx to bro Irwan atas foto-foto kerennya

Iklan

8 responses to “Tiris Adventure: Kebun Teh, Candi, Air Terjun, Tubing, Air Panas, Danau… Komplit Dan Recommended!

  1. Asolole… Itu di sungai… Top… Ane pernah ke segara dr Malang, nyampe segaram jam 2.30 dini hari… Untung rombongan pasukan nekad smua..
    Nyampe ranu, lgsg makan dinihari di warung..abs makan..lanjut bbuk di karpet…

    Paginya.. Temen ngajakin jalan kaki ke sungai air hangat.. Top ajib pokoknya.. Ada air hangat di pinggir sungai dingin…

    Kelar d segaran, lanjut ke ranu agung.. Bener bener dah.. Dari parkiran ke ranu.. Turun lancaaaaar
    … Abs menikmati ranu agung.. SIAPKAN KENTOL KAKIMU.. Hahahaha…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s