New R15 Mirip R6, New R25 Mirip R1?

New R1 adalah blue print untuk R Series lainnya

Brosis, gonjang-ganjing kemunculan sosok yang diduga New R15 yang katanya mirip sang kakak R6 sukses menyihir para blogger roda dua untuk mengulasnya. Tentu saja dengan bahasa masing-masing. RA agak males bahas yang sama, suka bingung mau bahas dari sisi mana, sepertinya sudah komplit teman-teman blogger sajikan. RA cuma sedikit berpikiran begini, wajar jika Yamaha membuat New R15 mirip R6 dan sama wajarnya jika nanti New R25 akan segaris dengan R1.

Kebetulan, pemikiran di atas sejalan dengan yang disampaikan oleh salah satu blogger senior om Triatmono di salah satu artikel di blognya. R15 = R6, R25 = R1. Sudah seharusnya begitu. Sama-sama R Series, R Family sudah sepantasnya secara desain punya aura yang sama walau tentu saja tidak 100% plek.

Desain R15 dan R25 current memang begitu “berkhianat” dari keluarga besar R. Entah, apa yang ada di otak sang desainer ketika memutuskan R15 dan R25 berdesain seperti saat ini. Apakah ingin menghadirkan sesuatu yang baru atau “tidak mendapat ijin desain kelas atas turun ke entry level” dari prinsipal. Namun, yang jelas publik pecinta motorsport tanah air tidak begitu menyukainya. Angka penjualan bisa menjadi buktinya. Apalagi ketika sang rival utama, Honda, berani merubah pakem desainnya menjadi lebih agresif, komplit.

Nah, ketika mulai kepayahan hadirlah ide untuk kembali ke pakem R Series selama ini. Kebetulan di kelas tertinggi New R1 dan New R1M tengah happening di dunia. Desain yang baru lebih kompak dan menawarkan sesuatu yang lebih padat dan gahar dan terpenting diakui punya desain ciamik, kenapa tidak jika menjadi blue print R Series – R Series kelas di bawahnya. Honda sudah lama melakukannya dengan klan CBR ya.

New R15 akan mirip R6?

New R6 sudah menunjukkan bagaimana R1 adalah kiblat. Walau ada yang mengkritisi namun itu lebih karena mereka saking ngarepnya dengan Yamaha yang selama ini selalu menghadirkan desain baru yang revolusioner. Jadi, ketika R6 baru beraura R1 mereka kecewa. Jika New R6 sudah beraura R1, maka R25 dan R15 tidak haram juga mendapatkan aura yang sama. Kebetulan, rival sudah bangun dari tidurnya (soal desain). Waktu yang pas untuk total dan all out, kebetulan desain R1 diterima luar biasa di luar sana.

Kita tunggu saja printilan spyshot New R15 yang akan keluar satu persatu dalam beberapa hari ke depan. Spyshot 1 dari samping, spyshot 2 dari belakang, spyshot 3 akankah dari sisi fairing dan puncaknya sisi wajah akan terbuka gamblang. Jangan-jangan spyshot lengkapnya sudah ada, tinggal soal timing saja di keluarkan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s